IBX58F8B9DC28E0A

Senin, 12 Oktober 2020

Koleksi Video Dongeng Anak Sebelum Tidur dan Link-nya

 



LIVINGCIKARANG.com - Dongeng anak Indonesia sangat beragam. Setiap daerah memiliki kearifan lokal. Kini, dalam era internet contoh dongeng setiap daerah dapat dikenalkan oleh orang tua melalui berselancar di dunia maya. 


Dongeng sangat bermanfaat bagi anak. Dengan membiasakan dongeng sebelum tidur, maka sedikitnya terdapat 5 manfaat dongeng bagi anak, yaitu: 


1. Dongeng mengembangkan kemampuan kognitif

Kemampuan kognitif adalah kemampuan untuk mengembangkan daya pikir mulai dari mengingat, kemampuan memecahkan masalah hingga kemampuan pengambilan keputusan. 


Dalam dongeng, kemampuan kognitif diperoleh anak melalui narasi pengetahuan dalam cerita, rasa ingin tahu kelanjutan cerita, dan kemampuan berpikir logis untuk memecahkan masalah. Imajinasi anak juga akan berkembang jika dilakukan interaksi untuk memodifikasi tokoh termasuk membawa sang buah hati ke dalam cerita. 


2. Dongeng bermanfaat mengembangkan kemampuan berbahasa

Dalam fase tumbuh kembang, otak anak memiliki kemampuan menyerap kata sebanyak mungkin. Untuk itu dibutuhkan stimulasi pengenalan lebih banyak kata untuk mendorong kemampuan berbahasa sang anak berkembang. 


Dongeng dapat menjadi salah satu media yang membantu anak mengembangkan cerita dan bahasa. Nasari yang runut dan berkembang dalam dongeng membuat anak mendapat stimulus menyerap lebih banyak kata. 


3. Dongeng Memberi Rangsangan Bersosialisasi

Dalam dongeng banyak nilai-nilai norma kehidupan yang diselipkan. Untuk itu anak dapat belajar dari dongeng tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dalam bersosialisasi dengan lingkungan. 


4. Dongeng Memberi Ruang Penyampaian Pesan

Melalui dongeng, orang tua dan guru dapat memberikan contoh dan sikap yang baik pada anak. Seperti era Pandemi Covid-19 saat ini, maka melalui media dongeng dapat diajarkan kepada anak mengenai pentingnya mencuci tangan, menjaga jarak dan selalu mengggunakan masker. 


5. Dongeng membantu mengembangkan motorik halus

Dongeng dengan memanfaatkan media buku atau kertas dapat menjadi perangsang anak mengembangkan motorik halus. Melalui media ini anak dapat diajarkan membalik halaman, memegang kertas serta menyetuh beragam tekstur yang ada pada buku cerita. 


Nestle, salah satu perusahaan internasional yang mengembangkan makanan dan minuman bermutu di dunia juga mendorong orang tua mengembangkan kemampuan mendongeng. Saat ini, melalui salah satu produknya, Nestle mengembangkan program Dongengakudankau. 


Tersedia total 15 video dongeng yang ditujukan bagi anak usia 1 tahun ke atas, 3 tahun ke atas dan 5 tahun ke atas yang dapat dinikmati orang tua bersama sibuah hati. 


Berikut judul dongeng dari Nestle dan link downloadnya. 

Video Dongeng untuk anak 1 tahun ke atas: 

- Dongeng Siput Pekerja Keras

- Dongeng Kasuari dan Dara Makota 

- Dongeng Katak dalam Sumur

- Dongeng Kera dan Ayam

- Dongeng Rusa dan Kelomang


Video Dongeng untuk anak 3 tahun ke atas: 

- Dongeng Putri Kemarau

- Dongeng Cermin Ajaib

- Dongeng Ande Ande Lumut

- Dongeng Kancil dan Kura-Kura

- Dongeng Si Bungsu dan Burung Kenui


Video Dongeng untuk anak 5 tahun ke atas: 

- Dongeng Kelenteng Ancol

- Dongeng Si Kelingking

- Dongeng Sura dan Baya

- Dongeng Semangka Emas

- Dongeng Asal Mula Raja Ampat




Tidak ada komentar:
Write comments