IBX58F8B9DC28E0A

Jumat, 08 Februari 2019

5 Cara Menyusui yang Benar dan Nyaman

 




Cara Menyusui- Menyusui merupakan aktivitas yang wajib dilakukan ibu setelah melahirkan. Meski begitu harus diakui bahwa beberapa ibu tidak bisa melakukan kewajiban ini karena beberapa alasan medis. Untuk bisa menyusui dengan benar biasanya para ibu muda meraasa kesulitan dan ragu mengenai cara seperti apa yang benar dan mudah agar mereka bisa menyusui bayi dengan nyaman.

Nah, sebelum mendapatkan posisi menyusui yang nyaman pertama sekali ibu harus merasa nyaman terlebih dahulu di pikiran. Artinya ibu harus melalui proses menyusui dengan bahagia dan tanpa beban agar air susu mengalir dengan lancar.

Salah satu faktor yang bisa membuat ibu merasa nyaman adalah dengan memilih posisi menyusui yang benar dan tidak membuat badan pegal. Jangan salah, biasanya kalau si ibu tidak memposisikan badan dengan benar bisa menyebabkan pegal berkepenjangan. Dan biasanya, si kecil pun menjadi tidak nyaman dan tidak bisa mendapatkan ASI dengan nyaman.
Untuk mendapatkan posisi yang benar dan membuat ibu nyaman, berikut 5 cara menyusui yang benar dan mudah dipraktikkan.

Cara menggendong (Cradle Hold)


Ini adalah posisi yang natural. Hampir semua ibu secara alamiah bisa melakukan cara ini. Si ibu tinggal menggendong bayi dalam pangkuan dengan posisi kepala bayi diletakkan di lekuk bagian siku tangan.

Bila ibu ingin menyusui si kecil dengan payudara kanan maka letakkan si kecil pada lekuk siku kanan, begitu juga sebaliknya. Untuk mengokohkan gendongan maka letakkan bokong bayi persis pada telapak tanngan.

Satu hal yang sebaiknya diingat bahwa usahakan bahwa posisi telinga bayi berada satu garis lurus dengan tangan bagian atas bayi. Hal ini untuk menjaga agar si kecil tidak tersedak saat menyusui. Pada posisi bayi akan menyusui kondisikan agar bayi berbaring menyamping dengan wajah, perut, dan lutut menempel pada dada dan perut ibu.

Mengenai tangan si kecil yang satu lagi atau yang bagian bawah, saat menyusui usahakan tangannya berada bebas di bawah. Dan bisa saja dia seoalah-olaj sengan merangkul sehingga memudahkan si kecil untuk menyusu.


Cara Menggendong Silang (Cross Craddle Hold)


Berbeda dengan cara sebelumnya, pada posisi ini ibu tidak menggunakan lekuk siku untuk menyangga kepala bayi. Yang digunakan adalah telapak tangan. Jadi ketika ibu akan menggendong bayi dan menyusukan di bagian kanan maka kepala bayi diletakkan pada telapak tangan kiri dengan posisi menyangga.

Pada cara ini, posisi kepala, dada dan perut bayi akan sepenuhnya menghadap ibu. Setelah itu ibu bisa mengarahkan mulut si kecil ke putting dan kemudian tangan ibu yang lain akan menyangga badan bagian bawah si kecil mulai dari tengkuk ke bawah.



Cara tidur bersisian (Side Lying)


Cara menyusui seperti ini kerap dilakukan oleh ibu terutama yang masih baru melahirkan karena masih susah untuk bergerak. Selain itu ibu yang lemas dan sedang malas bergerak juga bisa menggunakan cara ini.

Cara menyusui dengan tidur bersisian ini sangat mudah dilakukan. Ibu tinggal berbaring di samping bayi secara bersisian. Setelah itu ibu memposisikan kepala bayi menghadap ke putting. Untuk membuat bayu nyaman, ibu bisa membantu memegang kepala bayi dengan satu tangan yang bisa dilakukan untuk memastikan bayi aman dan tidak berguling ke kiri dan kanan.

Cara Menyangga Kepala (Football Hold)


Hampir sama dengan cara kedua, cara ini mengandalkan tangan ibu untuk menyangga kepala bayi. Bedanya pada posisi ini badan si kecil berada di antara tangan ibu. Jadi ibu akan memegang kepala bayi seperti memegang bola atau tas tangan. Jika ingin menyusui si kecil dengan payudara kanan maka yang akan digunakan untuk memegang kepala bayi adalah tangan kanan. Begitu pula halnya sebaliknya.

Meski terlihat sederhana, cara ketiga ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena bisa membuat bayi tersedak. Biasanya cara ini baru dilakukan oleh ibu yang habis menjalani operasi Caesar. Karena cara menyusu dengan menyangga kepala akan mengurangi tekanan badan si kecil di perut ibu.


Cara bersandar (Laid Back Positions)

Ini adalah cara menyusui yang membuat ibu akan merasa nyaman. Pada posisi ini ibu bisa bersandar menggunakan bantal pada kepala tempat tidur atau bisa juga di kursi. Pada posisi ini bayi akan berada pada posisi tengkurap di atas perut. Sata itulah ibu bisa menyusui si kecil.

Pada cara menyusui bersandar ini, kepala bayi akan  menghadap ke bawah dan berada di atas payudara. Posisi ini bisa dipakai untuk bayi kembar.

Tidak ada komentar:
Write comments