IBX58F8B9DC28E0A

Minggu, 22 Juli 2018

Inilah 11 Perusahaan Paling Inovatif pada 2018 Menurut Kementerian Perindustrian

 

Presiden Joko Widodo memperhatikan robot pintar Astra Oto Parts

Livingcikarang.com, Kementerian Perindustrian menetapkan 11 perusahaan sebagai penerima Penghargaan Rintisan Teknologi Industri (Rintek).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara menyampaikan, salah satu wujud dukungan nyata terhadap perekayasaan, inovasi atau invensi teknologi yang dilakukan oleh pelaku industri nasional, Kemenperin memberikan apresiasi dalam bentuk Penghargaan Rintisan Teknologi Industri (Rintek).

Menurut Ngakan tujuan dari pemberian penghargaan Rintek guna meningkatkan semangat para industriawan agar selalu berinovasi dan mengembangkan teknologi. Upaya inovasi ini akan meningkatkan kualitas produk yang memenuhi kebutuhan konsumen dimana pada akhirnya produk nasional mampu berdaya saing di perdagangan domestik maupun internasional.

Penghargaan Rintek ini sebelumnya dilaksanakan rutin setiap tahun oleh Kemenperin sejak tahun 2006. Namun, mulai tahun 2012, kegiatan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali pada tahun genap. Hingga saat ini, penghargaan tersebut telah diberikan kepada 40 perusahaan industri dengan 53 inovasi teknologi yang dihasilkan. 

Pada penghargaan Rintek 2018, Kemenperin menetapkan enam pemenang pada Kategori Utama. Perusahaan yang melakukan terobosan ini yakni PT Hariff Daya Tunggal Engineering dengan judul inovasi atau invensi teknologinya adalah Battlefield Management System (BMS) CY-16H. 

Kemudian PT Rekayasa Industri (PPGM CPP Donggi Kemandirian EPC Nasional Dalam Membangun Energi Bangsa), PT Pura Agro Mandiri (Mesin CAS Sebagai Solusi Pengendali Harga Produk Pertanian). Selanjutnya, PT Surya Marga Luhur (Optimisasi Kinerja Custom Chiller dan Peningkatan Konservasi Energi melalui Inovasi Kondensor dan Evaporator), PT Aimtopindo Nuansa Kimia (Teknologi Bio-Surfactant Untuk Meningkatkan Produksi Minyak Pada Sumur Tua), dan PT S Three Technologies Indonesia (Ezomix Mortar Berpori Kedap Air).

Sedangkan, untuk Kategori Unggulan, diberikan kepada lima perusahaan meliputi PT Astra Otoparts, Tbk. - Divisi Engineering Development Center dengan judul inovasi atau invensi teknologinya adalah Lokalisasi Desain Dan Manufaktur Kursi Kendaraan Bermotor Roda 4, serta PT Rekadaya Multi Adiprima (Pemanfaatan Serat Alam Sabut Kelapa untuk Produk Cover Baterai pada Kendaraan Roda Empat).

Selanjutnya, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pilot Plant NPK Fusion), PT Yogya Presisi Tehnikatama Industri (Simulator Mesin CNC) dan PT Utomodeck Metal Works (Produksi Atap dengan Mobile System Jilid III).

Tidak ada komentar:
Write comments