IBX58F8B9DC28E0A

Sabtu, 13 Agustus 2022

Faedah Daftar Merek Dagang yang Dapat Memberikan keuntungan

 



Livingcikarang.com - Belum mendaftar merek dagang? Bila belum, janganlah sampai tertinggal. Karena, ada beberapa faedah merek dagang yang dapat memberikan keuntungan badan usaha.

Sebagai contoh, dokumen itu bisa membuat perlindungan merek usaha milikmu dari beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab. Tidak itu saja, ia mempermudah pelaku bisnis dalam mengurus pesanan dan melaksanakan proses segmentasi pasar.

Nah, melihat hal itu, kamu tentu tidak ingin kan, merek yang telah dibuat lama mendadak diambil oleh seseorang? Oleh karenanya, yuk, pelajari beberapa faedah daftar merek dagang yang dapat memberikan keuntungan usahamu di bawah ini.

Berikut sejumlah faedah yang bakal kamu peroleh bila lakukan pendaftaran merek untuk usaha, salah satunya ialah:

1. Memperoleh pelindungan

Faedah merek dagang sesudah didaftarkan ialah usaha memperoleh pelindungan. Sebenarnya, sebuah merek baru dapat menerima pelindungan hukum apabila sudah didaftarkan dan mendapat sertifikat dari Menteri Hukum dan HAM.

Oleh karena itu, sepanjang merek belum didaftarkan, merek usaha dengan status umum dan tidak memperoleh pelindungan hukum.

Hingga, semuanya orang bisa memakainya secara bebas dan pemilik aslinya tidak dapat menuntut secara hukum jika terjadi pencurian. Mekanisme ini dikenali dengan istilah konstitutif.

Nah, keadaan di atas akan berbeda bila kamu telah mendaftar sebuah merek. Karena, negara akan memberi hak khusus ke pemilik dan melindungi merek secara penuh untuk sepuluh tahun di depan semenjak tanggal akseptasi.

Lalu, nanti saat telah melewati 10 tahun, pendaftaran merek perlu diperpanjang kembali oleh pemiliknya.


2. Memiliki identitas resmi

Faedah merek dagang selanjutnya ialah jika usaha jadi memiliki identitas resmi. Bila merek dagang telah didaftarkan, status brand-mu akan dipandang resmi oleh negara.

Tentu saja, hal itu dapat menaikkan keyakinan di mata customer, karena produk yang mereka membeli bukan datang dari merek palsu.

Selanjutnya, kamu tinggal konsentrasi mempromokan merek agar dapat semakin dikenali khalayak luas, tanpa cemas dicontoh atau tercuri oleh pesaing.

Identitas resmi ini menjadi salah satunya bukti jika merek kamu professional dan dapat dipercayai.


3. Kesempatan usaha lebih lebar terbuka

Faedah merek dagang seterusnya yang dapat kamu rasa ialah kesempatan kemajuan usaha terbuka lebih lebar. Di dunia usaha, kerja-sama sebagai cara yang penting supaya badan usaha bisa mengalami perkembangan.

Masalahnya dengan bantuan banyak pihak, proses rencana pengembangan jadi lebih inovatif dan tiap kapasitas bisa dioptimalkan.

Tetapi, tidak seluruhnya pihak siap untuk menjalin kerja-sama, ditambah dengan merek yang tidak memiliki validitas resmi. Ditambah lagi bila harus menjalin kerja-sama dengan pihak asing.

Nah, namun, bila merek produk telah tercatat, akan ada semakin banyak kesempatan untuk badan usaha untuk berkembang. Sebagai contoh, peluang untuk ajukan kerja-sama ekspor, franchise atau waralaba, menjadi lebih menjanjikan.


4. Pembeda dengan pesaing

Mendaftar merek dagang menjadi pembeda usaha dari pesaing. Dalam kata lain, dokumen itu bisa digunakan sebagai USP atau Unique Selling Poin. Bersamaan dengan adanya banyak usaha yang banyak muncul, akan ada banyak produk yang sama dengan milikmu.

Nah, nanti, pelanggan akan pilih produk dari merek yang telah mereka percayai. Merek berikut sebagai pembeda di antara satu produk dengan produk lain.


5. Lebih gampang menjual

Faedah merek dagang bila didaftarkan paling akhir yakni lebih mudah untuk dipasarkan. Saat sebuah merek sukses melaksanakan branding yang kuat, apa saja produk yang mereka jual tentu lebih gampang laku dibanding produk merek baru. 

Demikian faedah daftar merek dagang https://daftarmerekdagang.com/

2 komentar:
Write comments