IBX58F8B9DC28E0A

Jumat, 28 Mei 2021

CARA MERAWAT BUSANA MUSLIM BERBAHAN KATUN

 



Busana muslim jenis gamis menggunakan katun sebagai bahan utama, salah satu poin lebihnya yaitu nyaman digunakan bagi muslimah. Lalu bagaimana merawat gamis berbahan katun, apakah ada perlakuan khusus untuk merawatnya?

 

1. Gunakan sedikit detergent

Penggunaan detergen terlalu banyak pada pakaian jenis apa pun memang tidak dianjurkan karena dapat merusak serat bahan pakaian. Begitu pula untuk gamis berbahan katun, disarankan untuk menggunakan sedikit detergen baik cair atau bubuk saat akan mencuci. Hal tersebut dilakukan karena dapat memudarkan warna dan membuat serat kain rapuh.

 

2. No mesin cuci untuk noda membandel

Keberadaan mesin cuci yang membuat kegiatan efisien memang sangat membantu. Tapi untuk menghilangkan noda membandel atau susah hilang pada gamis berbahan katun, disarankan untuk tidak mencuci menggunakan mesin cuci. Bahan katun yang mudah menyerap dan terus - terusan berada dalam mesin cuci akibat noda membandel akan membuat serat kain gamis katun cepat rusak.

 

3. Cucilah menggunakan tangan

Noda susah hilang atau membandel pada gamis katun akan lebih cepat teratasi tidak dengan mencuci lama dalam mesin cuci. Rendamlah gamis katun mu dalam air yang sudah diberi deteregen lalu diamkan selama 10 menit. Setelahnya kamu dapat mengucek perlahan gamis katun yang terkena noda. Jika noda tetap sulit hilang kamu dapat merendam kembali dan mengucek dengan diberi sedikit detergen untuk area gamis katun yang terkena noda membandel.

 

4. Menjemur di tempat teduh

Pakaian berbahan jenis apa pun memang disarankan untuk dijemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Menjemur di bawah sinar matahari langsung dapat membuat warna baju menjadi kusam, serat kain juga akan menjadi kaku dan kasar. Jemurlah gamis katun mu di tempat teduh tidak terkena sinar matahari langsung atau disarankan menggunakan atap seng/fiber.

 

5. Suhu menyetrika

Jenis pakaian berbahan katun memang tidak terlalu sulit merawatnya, termasuk menyetrika pakaian bahan katun. Aturlah suhu setrika pada level sesuai label pakaian atau hangat agar gamis katun mu tidak mudah terbakar saat disetrika. Perlu kamu tahu, menyetrika dengan suhu terlalu panas dapat membuat pakaian kesayangan mu menjadi kuning. Kamu tentu gak mau kan, apalagi kalau gamis kesayangan mu berwarna nude, putih atau blush berubah warna akibat suhu setrika terlalu tinggi.

 

6. Gunakan Pelembut dan Pewangi

Kamu bisa menggunakan pewangi dan pelembut agar semakin lembut dan awet. Salah satu pewangi baju yang tahan lama adalah royale soklin. Pewangi so klin royale akan membuat gamis semakin lembut sehingga mudah diatur dan tidak lecek. Selain itu aromanya juga menempel lama sehingga akan selalu wangi meski disimpan dalam lemari. Aromanya khas seperti parfum mewah yang tahan lama. Selengkapnya cek di https://www.royalebysoklin.com/

Tidak ada komentar:
Write comments