IBX58F8B9DC28E0A

Rabu, 07 April 2021

Obat Sariawan secara Alami dan Cara Mencegahnya

 

Ilustrasi./Image: Freepik

Livingcikarang.com - Sariawan di gusi, di bawah lidah, atau bagian dalam pipi tentu sangat menyiksa. Maka tidak heran, dibutuhkan obat sariawan yang ampuh agar sariawan lekas berlalu. 

Sejatinya, sariawan akan sembuh sendiri dalam 1-2 minggu jika merupakan jenis canker sores atau lepuhan di dalam mulut. Jenis sariawan ini juga tidak menular. 

Penyebab sariawan jenis canker sores ini seperti kekurangan nutrisi, mengalami over sensitivitas terhadap makanan tertentu, atau luka akibat tergigit.

Sedangkan lainnya, sariawan jenis cold sores menular. Jika sariawan umumnya di dalam mulut, jenis ini terjadi di dagu, bagian bawah hidung hingga di bibir luar. Sariawan ini muncul bergerombolan dan dapat berupa lepuhan yang berisi cairan.  

Sariawan yang menular itu biasanya disebabkan oleh virus herpes tipe 1. Dibutuhkan pengobatan terpadu ke dokter untuk menyelesaikan sariawan jenis menular itu. 

Sedangkan sariawan jenis umum, maka terdapat sejumlah cara untuk mengatasinya. Baik dengan obat sariawan yang memberi reaksi cepat sembuh ataupun dengan cara pengobatan alami. 

Beberapa obat alami untuk sariawan seperti: 

- Berkumur dengan air garam

- Mengoleskan madu pada luka sariawan

- Banyak minum air putih

- Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, asam folat dan zat besi. 

Selain itu menggosok gigi dengan teratur dengan pasta yang sesuai dengan kebutuhan menjadi cara lain agar menghindar dari sariawan.


Tidak ada komentar:
Write comments