IBX58F8B9DC28E0A

Jumat, 05 Februari 2021

Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

 



Livingcikarang.com - Menjadi pribadi yang lebih baik adalah harapan setiap orang dalam perjalanan hidupnya. 


Kesadaran ini kemudian ditafsirkan dengan penyesuaian diri untuk menjawab setiap tantangan diri dan lingkungan. Hidup membuat setiap pribadi terus berusaha menemukan jawaban dan mengatasi tantangan hidup guna menjadi pribadi yang lebih baik. 


Pakar pendirikan Purwanto dalam buku Evaluasi Hasil Belajar menyebutkan penyesuaian diri adalah proses mengubah tingkah laku manusia baik individu mengubah dirinya sesuai dengan keadaan lingkungannya atau mengubah lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan dirinya. 


Untuk mewujudkan harapan menjadi pribadi yang lebih baik ini maka dapat dilakukan sejumlah langkah sederhana, yakni;


  • Aktif

Berani bertindak dengan melakukan hal kecil akan mendorong diri menjadi pribadi yang lebih baik. Perasaan apatis yang selama ini muncul harus dibuang jauh. Sifat ini akan menghilangkan motivasi dan menghilangkan kesenangan atas setiap tindakan. Jadi aktif lah...

  • Ambil Tanggung Jawab
Alam bawah sadar adakalanya mendorong diri untuk menyepelekan hal-hal yang terjadi di sekitar. Untuk itu kesadaran diri bahwa tidak ada sesuatu yang kebetulan dan bahwa semua hal terhubung, maka sikap untuk mengambil tanggung jawab penuh atas diri dalam semua aspek harus dilakukan. Lakukan semua hal dengan upaya terbaik. 
  • Utama kebutuhan
Menjadi pribadi yang lebih baik termasuk di dalamnya diri mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Ketidakmampuan membedakan keinginan dan kebutuhan akan membuat diri terjebak dalam sikap konsumerisme. Keinginan yang berlebihan menjadikan upaya menjadi pribadi yang lebih baik sulit tercapai. 
  • Berfikir Positif
Upaya memandang setiap kejadian dalam perjalanan hidup adalah hal positif akan mendorong diri menjadi pribadi yang lebih baik. Setiap tekanan kehidupan harus dilihat sebagai ujian  untuk meningkatkan kapasitas diri. 
  • Bersyukur
Menjadi pribadi yang baik akan terbentuk dengan lebih kokoh jika diri juga selalu ingat untuk bersyukur. Hidup hanya sekali untuk itu setiap fase kehidupan harus dijalani dengan penuh syukur. 

    Meski begitu, perjalanan menjadi pribadi yang lebih baik adalah transformasi pribadi. Dorongan dari luar hanya membantu memberi arah, keputusan diri lah yang menjadi penentu apakah upaya ini dapat terwujud atau hanya sebuah angan. 


    Tidak ada komentar:
    Write comments