IBX58F8B9DC28E0A

Rabu, 06 Januari 2021

Aplikasi BPJSTKU, Cara Login Hingga Mengatasi Error

 



Livingcikarang.com - Aplikasi BPJSTKU merupakan layanan digital dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau disebut juga BP Jamsostek. 

Layanan ini membuat pekerja yang mengunduh layanan ini dapat melakukan pengecekan iuran program Jaminan Hari Tua (JHT) juga Iuran Pensiun yang dibayarkan oleh perusahaan dan pekerja. 

Aplikasi BPJSTKU juga melayani pendaftaran bagi peserta Penerima Upah, Bukan Penerima Upah dan Pekerja Migran Indonesia. 

Lainnya dengan aplikasi ini, pekerja dapat melakukan pelaporan dan pengaduan, pelaporan kecelakaan kerja secara realtime dan tempat ketersediaan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara digital. 

Dalam aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan ini juga peserta juga dapat melakukan perhitungan simulasi Jaminan Hari Tua (JHT), sehingga informasi program. Termasuk melacak kantor cabang terdekat. 


BACA JUGA: Membeli Rumah melalui KPR dengan BPJS Ketenagakerjaan


Hati-hati di playstore atau Apple Store karena banyak aplikasi yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan, hanya BPJSTKU yang resmi dari BPJS Ketenagakerjaan. Tidak boleh mendownload aplikasi lain karena terdapat saldo tabungan di dalam kartu BPJS  Ketenagakerjaan. Selain itu saat mendaftar harus menyertakan data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) hingga 

Meski BPJS Ketenagakerjaan merupakan lembaga raksasa, aplikasi BPJSTKU juga  pernah mengalami error seperti tidak bisa login. Untuk itu terdapat sejumlah langkah yang dapat dilakukan. 

MENGATASI APLIKASI BPJSTKU TIDAK BISA LOGIN

Saat aplikasi BPJSTKU tidak bisa dibuka, terdapat sejumlah langkah yang dilakukan: 

1. Bersihkan cache

Kondisi tidak bisa login ke dalam BPJSTKU adakalanya memory hp kepenuhan dengan data cache. Untuk itu masuk ke pengaturan lalu hapus cache. Jika masih belum bisa dapat dilakukan dengan penghapusan history. 

Langkah membersihkan cache untuk mengatasi login ke BPJSTKU :

  • Buka handphone, lalu pilih menu “pengaturan / settings”.

  • Pilih menu “Aplikasi”.

  • Selanjutnya klik Aplikasi “BPJSTKU”.

  • Buka “penyimpanan”

  • Kamudian hapus data dan cache di aplikasi tersebut.



2. Instal Ulang Aplikasi BPJSTKU

Ada Kalanya tidak bisa login di aplikasi BPJSTKU disebabkan adanya update program yang dilakukan oleh badan. Untuk itu jika program update tidak muncul tidak ada  salahnya melakukan instal ulang aplikasi BPJSTKU dengan menghapus yang di HP. 

Lakukan restart HP terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa aplikasi yang masih tertanam. Download ulang aplikasi BPJSTKU dan isi data yang dibutuhkan seperti NIK. 

Namun jika langkah ini masih belum dapat menyelesaikan masalah login, maka dapat dilakukan dengan menghubungi pusat layanan BPJS Ketenagakerjaan dengan alamat:

Call center BPJS Ketenagakerjaan : (021) 1500910

Twitter BPJS Ketenagakerjaan : @bpjstkinfo

Facebook BPJS Ketenagakerjaan : BPJS Ketenagakerjaan

Website BPJS Ketenagakerjaan : http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id

Email BPJS Ketenagakerjaan : care@bpjsketenagakerjaan.go.id 


Tidak ada komentar:
Write comments