IBX58F8B9DC28E0A

Senin, 05 April 2021

5 Lokasi Rapid Test Cikarang dan Pengalaman Swab Test di RS Asri Medika

 



Di saat pandemi corona atau Covid-19 sekarang kebutuhan untuk melakukan test Corana masih sangat diperlukan. Apabila seseorang telah mengantongi hasil rapid test, swab test atau PCR test maka banyak urusan akan lebih mudah.

Di Cikarang, terdapat beberapa lokasi tempat bisa mendapatkan pemeriksaan rapid test, swab atau rapid antigen test dan juga PCR test. Lokasi rapid test Cikarang tersebar di banyak tempat. Kita bisa memilih sesuai lokasi terdekat dan biaya yang dikeluarkan.

Beberapa waktu lalu untuk suatu kebutuhan, saya menemani mertua untuk menjalani swab antigen test Corona di salah satu rumah sakit Cikarang. Kami memilih test antigen Covid-19 di RS Asri Medika karena relatif lebih dekat dari rumah.

Saat ini rapid test Swab Antigen Covid-19 masih diperlukan untuk kebutuhan melakukan perjalanan dengan pesawat. Jadi karena mertua harus terbang menggunakan pesawat perlu melaksanakan swab tes antigen Cikarang.

Pelayanan PCR  Swab test di RS Asri Medika Cikarangn cukup bagus dan mudah. Semua proses dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan. Saat pertama datang langsung saja menuju bagian pendaftaran dan mengisi data diri serta menyerahkan fotokopi KTP. Setelah itu akan diminta mengisi formulir yang berisi sejumlah data pribadi dan tujuan mendapatkan test PCR Swab.

Lamanya waktu menunggu, tergantung jumlah antrian. Pada saat kami melakukan test, antrian pasien di RS Asri Medika tidak terlalu banyak. Saat nama dipanggil, kami langsung diarahkan menuju ruang labor tempat pengambilan darah. Saya tidak masuk ke dalam. Namun, menurut mama dan papa mertua proses di dalam lab tidak lama dan tidak sakit.

Dari lab kami diminta kembali ke ruang tunggu. Setelah hasil keluar, kami diminta membayar biaya swab test ke ruang kasir yang lokasinya agak terpisah dari ruang tunggu. Biaya rapid test PCR Swab di RS Asri Medika berkisar sebagai berikut:

  • Biaya Rapid Test RS Asri Medika: Mulai dari Rp95.000,-
  • Biaya Swab/Rapid Antigen Test: Mulai dari Rp150.000,-
  • Biaya PCR Swab Test: Mulai dari Rp 900.000,-

Setelah membayar, saya kembali ke ruang tunggu dan mendapatkan hasil Swab Test Antigen untuk mertua. Hasilnya Alhamdulillah negatif untuk keduanya. Kami pun pulang. Kurang lebih 1 jam kami di RS Asri Medika untuk menjalankan semua proses tes Covid-19.




Lokasi Rapid, Swab Antigen dan PCR Test Covid-19 di Cikarang

Selain di RS Asri Medika, ada sejumlah rumah sakit di Cikarang yang melayani tes PCR, Swab Antigen dan juga Rapid Test Covid-19. Beda Rapid Test, Swab Antigen, dan PCR Test Covid-19 terletak pada akurasi hasil dan lamanya proses pemeriksaan.

 
 
 
 
 
 
x

Rapid Test biasanya dilaksanakan sebagai skrining awal untuk mendeteksi keberadaan Covid-19. Hasil Rapid Test dan Swab Antigen biasanya dapat keluar dalam 1 hari, sedangkan PCR membutuhkan waktu kurang lebih 7 hari sampai keluar hasil.

Rapid test biasanya dilakukan untuk melihat antibody dalam tubuh dan dilakukan dengan pemeriksaan sampel darah. Sedangkan Swab Antigen dan PCR dilakukan dengan memeriksa lendir di hidung atau tenggorokan melalui proses swab. Untuk memberikan hasil yang lebih akurat, pemeriksaan rapid test antigen perlu dilakukan paling lambat 5 hari setelah munculnya gejala COVID-19.

Di mana lokasi rapid dan PCR covid-19 di Cikarang? Berikut tempat yang bisa dipilih


1. Rapid Test di RS Medika Asri

Alamat RS Asri Medika adalah di Jalan Citanduy Raya L11 No.1, Simpangan, Kec. Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17530. Lokasi ini terletak di kawasan Jababeka, di arah Stasiun Lemah Abang.


2. Siloam Hospitals Lippo Cikarang.

Prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi Virus Corona pada tubuh pasien. Mulai dari Tes Antibodi Serologi Covid 19, Rapid Test hingga PCR Swab Test dengan biaya mulai dari Rp149.000,-

Alamat RS Siloam Hospitals Lippo CIkarang: Jl. Muhammad Haji Thamrin Kav. 105, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat 17530, Indonesia


3. RS Metro Hospitals Cikarang

Prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi Virus Corona pada tubuh pasien. Biaya Rapid Test dan PCR Test mulai dari Rp150.000,-

Alamat RS Metro Hospitals Cikarang adalah Jl. Anggrek I No. B2/2 Mekarmukti Cikarang Baru, Jababeka, Mekarmukti, Kec. Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17530. Lokasinya dekat bundaran Jababeka depan Farmers Market.


4. Klinik Presiden

Klinik Presiden berlokasi di dekat Polres Kab Bekasi atau di kompeks kampus Presiden University. Alamatnya Ruko Info Plaza, Jl. Ki Hajar Dewantara No.81-83, Simpangan, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530.

Biaya Rapid Test, Swab dan PCR Test di Klinik Presiden mulai dari Rp160.000,-


5. Klinik Kimia Farma Cikarang

Rapid test dan Swab test di Klinik Kimia Farma Cikarang dilakukan hanya untuk warga negara indonesia. Biayanya test Covid di Klinik Kimia Farma Cikarang mulai dari Rp145.000,-

Alamat Klinik Kimia Farma – Cikarang adalah di Jl. Kedasih Raya No.112, Mekarmukti, Kec. Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17530, Indonesia

Demikian info mengenai rapid test, swab test dan PCR test Covid-19 di Cikarang. Semoga berguna.

1 komentar:
Write comments