IBX58F8B9DC28E0A

Rabu, 30 Desember 2020

Open Rack vs Wall Mount Rack Server: Kelebihan dan Kekurangan

 



Kamu mungkin mengalami kesulitan saat harus memutuskan jenis rack server mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Baik itu untuk keperluan pusat data berskala besar, ruang server milik perusahaan kecil, ataupun setup untuk komputer rumah; kamu memiliki beberapa pilihan rack server dengan masing-masing harga rack server yang berbeda untuk menyimpan perangkat jaringanmu.

Dua dari jenis-jenis rack server itu adalah jenis open rack dan wall mount rack server. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa jadi pertimbanganmu saat memiliki jenis rack server yang tepat.






x

Kelebihan Open Rack Server

Open rack server merupakan salah satu jenis rack server yang banyak digunakan dan dapat ditemukan di berbagai macam perusahaan. Rack server jenis ini hadir dalam berbagai ukuran sehingga bisa menyimpan berbagai macam perangkat. Open rack server biasa ditempatkan di satu lokasi dan dipasang di lantai agar lebih stabil. Kelebihan dari open rack server adalah sebagai berikut:

  1. Pilihan ukuran yang lebih banyak: Walaupun open rack server banyak hadir dalam ukuran kecil, rack server jenis ini lebih banyak dikenal untuk setupnya yang lebih besar. Ukurannya berkisar dari 12u hingga 42u, dengan harga rack server 12u dan harga rack server 42u yang bervariasi di pasaran.

  2. Kemudahan aliran udara: Karena rack server jenis ini dipasang di lantai terbuka dari ruang server, aliran udara yang masuk dan keluar rack server menjadi lebih mudah. Perangkat kipas angin dapat dipasang untuk mengeluarkan udara panas, dan pendingin dapat ditambah untuk mengontrol suhu tetap dingin.

  3. Penempatan serbaguna: Selama kamu memilih ukuran rack server yang tepat, kamu bisa memasang open rack server dimanapun. Open rack server dapat dipasang ke lantai, dan dipasang ke rack server lainnya (jika dipasang berderet) agar lebih kokoh.

Kekurangan Open Rack Server

Terlepas dari kepopuleran open rack server, ada pula beberapa kekurangan yang perlu diwaspadai:

  1. Berkurangnya keamanan: Open rack server terbuka di berbagai sisi membuat server dan perangkat di dalamnya menjadi kurang aman. 

  2. Terpasang ke lantai: Agar pondasinya tetap kokoh, open rack server harus dipaku ke lantai. Dimanapun kamu akan memasang rack server ini, kamu mungkin akan mengalami kesulitan.


Kelebihan Wall Mount Rack Server

Seperti namanya, wall mount (dipasang di dinding) rack server adalah jenis rack server yang dipasang di dinding ketimbang dipasang di lantai. Rack server ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi tidak sebesar open rack server. Harga rack server ini juga bervariasi di pasaran. 

Wall mount rack server banyak disukai karena dapat menyimpan perangkat komputer di atas dan tidak perlu menempati ruang, sehingga meminimalisasi pemakaian ruangan karena adanya rack server. Rack server ini memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu:

  1. Keamanan: Pemasangan wall mount rack server yang kuat di dinding membuatnya tidak terlalu rentan untuk dicuri atau dirusak orang asing.

  2. Efisiensi ruangan: Karena wall mount rack server terpasang di dinding, perangkat-perangkat lain dapat diletakkan di lantai, sehingga pemakaian ruangan untuk penyimpanan perangkat menjadi lebih efisien.

  3. Lokasi yang dekat: Meletakkan perangkat komputer di dekat televisi dinding menjadi pilihan yang populer untuk perusahaan yang ingin menggunakan TV untuk menayangkan iklan. Dengan fungsi seperti ini, wall mount rack server akan memudahkan pengelolaan tampilan TV.

Kekurangan Wall Mount Rack Server

Selain kelebihan, tentunya wall mount rack server juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

  1. Ukuran kecil: Karena wall mount rack server didesain khusus agar terpasang kokoh ke dinding, ukuran dan beratnya tergolong kecil agar tetap stabil terpasang di dinding.

  2. Lokasi khusus: Wall mount rack server tidak bisa dipasang di mana saja. Kamu harus mempertimbangkan lokasi dinding untuk memasang rack server ini agar dekat dengan perangkat yang akan dipasang.

Nah, itu dia masing-masing kelebihan dan kekurangan dari open rack server dan wall mount rack server! Menarik banget, kan? Daftar di atas dapat menjadi pertimbangan kamu untuk memilih rack server yang tepat sesuai kebutuhan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca sekalian!

Tidak ada komentar:
Write comments