IBX58F8B9DC28E0A

Jumat, 18 September 2020

Mengenal Karpet Lantai dan Fungsinya

 


Karpet Polos Cikarang – Karpet lantai telah menjadi bagian dekorasi rumah sejak dahulu kala. Demikian juga dengan teknologiyang digunakan, awalnya dari kulit hewan yang dikeringkan, anyaman tanaman, hingga saat ini melalui beragam proses pengolahan.

Harus diakui karpet menjadikan nuansa rumah lebih nyaman. Selain menahan dingin lantai, corak dari karpet memberikan kenyamanan dan keteduhan kepada mata.

Lalu apa saja jenis karpet yang ada berdasarkan bahan pembuat?

Karpet yang paling banyak digunakan adalah karpet lantai. Untuk bahan jenis karpet ini terdiri dari produk karpet dengan bahan alami seperti anyaman tumbuhan, kulit hewat hingga wol yang diolah menjadi permadani. Sedangkan bahan yang umumnya digunakan adalah karpet dengan bahan dari olahan atau karpet sintetis.

 

KARPET LANTAI ALAMI

  •           Karpet dari wol

Karpet dari wol merupakan jenis karpet lantai yang memberikan sensasi tersendiri.Terbuat dari bulu domba yang sudah diolah, karpet wol tahan noda dan air, tidak mudah rontok dan lembut dikulit. Selain itu jenis karpet ini memiliki motif yang unik. Namun, karpet jenis ini tidak tahan lembab. Terbuat dari mahluk hidup, kelembapan membuat karpet ini kusam dan berjamur.

  •           Karpet katun

Katun berasal dari tanaman kapas. Bahan ini memiliki sifat yang dingin sehingga nyaman untuk digunakan. Namun kapas bukanlah serta yang kuat. Untuk itu penggunaan karpet alami dari bahan katun sebaiknya di wilayah yang tidak banyak ditekan.

Bahan dari tanaman lainnya yang banyak digunakan untuk karpet lantai adalah rami dan lyocell (serat kayu dari rayon), dan sisal. Tiga bahan alami ini cocok untuk  karpet yang akan diletakkan di area banyak dilewati dan terinjak.

 

KARPET LANTAI SINTETIS

Bahan karpet sintetis terdiri dari sejumlah bahan seperti:

  •           Karpet lantai dari nilon

Nilon merupakan bahan yang tahan untuk dijadikan karpet lantai. Bahan sitentis ini menghasilkan karpet lantai kuat, anti noda dan mudah dirawat. Karpet dari bahan nilon ini banyak beredar di pasar karena harganya relatif murah.

  •           Karpet Lantai Poliester

Karpen Lantai Poliester biasanya merupakan bahan daur ulang. Terutama dari botol plastik. Sehingga harga karpet lantai ini relatif murah.

Lainnya, bahan sintetis untuk membuat karpet lantai yakni olahan petrokimia lainnya seperti polipropilena. Jenis ini mudah dibersihkan dari noda, namun warnanya dapat cepat pudar.

Motif karpet sendiri sangat beragam. Kamu dapat memilih sesuai kebutuhan. Namun yang paling banyak digunakan adalah jenis karpet polos. Terutama di Masjid, restoran, hotel dan tentu rumah kamu. Untuk menemukan penjual maka cukup ketik jual karpet polosCikarang di laman Google untuk memudahkan.

 


Tidak ada komentar:
Write comments