IBX58F8B9DC28E0A

Selasa, 15 September 2020

6 Tugas dan Tanggung Jawab Relationship Officer

 

 



Dalam dunia pengkreditan, koperasi dan perbankan seringkali membutuhkan pekerja di bagian relationship officer. Di mana relationship officer berada di posisi perusahaan keuangan atau perbankan yang bertugas langsung dalam dunia marketing. Dalam arti terjemahan "relationship" sendiri berarti hubungan, di mana tugas dari seorang relationship officer dalam dunia keuangan atau perbankan yaitu menjaga hubungan baik dengan nasabah baik secara intern perusahaan atau ekstern perusahaan.

Beberapa perusahaan perbankan lainnya menggunakan istilah berbeda, seperti Credit Analyst Officer dan Business Relationship Officer. Meskipun istilahnya berbeda, tetapi cara bertugasnya sama dengan relationship officer pada umumnya. Karena tugasnya di luar, bagian ini juga seringkali dikategorikan sebagai marketing officer serta salesman officer. Hal tersebut sesuai dengan bisnis perusahaan serta aktivitas penjualan produknya masing-masing.

6 Tugas Relationship Officer

Untuk menjalani tugas dengan baik, tentunya relationship officer harus memiliki skill yang mendukung, seperti bisa menjaga sikap dan perilaku sebagai cerminan dari perusahaan, menguasai produk dalam perusahaan, menguasai MS office word dan excel dengan baik, menguasai analisa resiko bisnis, serta skill public speaking yang bagus. Lantas apa tugas relationship officer? Berikut penjelasannya,

1. Menganalisa Potensi Pasar

Jika ingin menjadi relationship officer BCA dan Bank lainnya, kamu harus memiliki kemampuan analisis potensi pasar dengan baik serta mengetahui nasabah potensial.

2. Berperan dalam Tugas Sales dan Marketing

Relationship officer BCA dan Bank lainnya wajib menciptakan hubungan baik dengan nasabah, juga berperan dalam tugas sales dan marketing. Posisi relationship officer sales dan marketing seringkali menjadi ujung tombak perusahaan, baik perusahaan kecil maupun besar. Relationship officer juga harus membantu sales dan marketing guna mencapai tujuan atau target bersama.

3. Membangun Hubungan yang Baik

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa relationship officer bertugas untuk menjalin hubungan baik sebagai perwakilan dari perusahaan untuk nasabah, klien, atau pelanggan, serta perusahaan lain.

4. Mengenalkan Produk Perusahaan

Sesuai dengan skill yang dibutuhkan relationship officer yaitu produk dalam perusahaan, maka tugas RO yaitu untuk mengenalkan produk kredit atau produk lainnya kepada nasabah potensial. Hal tersebut juga masuk ke dalam skill marketing perusahaan. Tentunya kamu harus memiliki skill tersebut jika ingin mengikuti program relationship officer BCA.

5. Mencapai Target

Relationship officer yang merupakan ujung tombak perusahaan tentu memiliki target dari perusahaan yang harus dicapai. Target ini dapat dicapai bersama dengan divisi sales dan marketing dalam skala waktu tertentu.

6. Menganalisa Risiko Bisnis Kredit

Seorang relationship officer juga harus memiliki kemampuan analisa risiko bisnis pada setiap nasabah potensial maupun perusahaan lainnya. Karena hal ini membawa pengaruh untuk kedepannya.

Itulah 6 tugas dan tanggung jawab relationship officer yang harus kamu ketahui. Jika kamu berminat menjadi RO, Kamu harus melatih skill yang dibutuhkan terlebih dahulu. Kamu juga bisa mengikuti program relationship officer BCA.

 

Tidak ada komentar:
Write comments