IBX58F8B9DC28E0A

Sabtu, 11 April 2020

Daftar Kartu Prakerja di Prakerja.go.id, Ini Caranya

 

Livingcikarang.com - Cara pendaftaran kartu prakerja telah diumumkan pemerintah. Cara ini sebagai panduan lanjutan setelah pendaftaran Kartu Prakerja resmi dibuka melalui situs prakerja.go.id, Sabtu (11/4/2020).

Untuk mendaftar kartu prakerja, maka masyarakat yang berusia di atas 18 tahun dan tidak dalam status menempuh pendidikan formal dapat mendaftar. Artinya baik pengangguran, buruh ataupun karyawan.

Pendaftaran dilakukan secara online, untuk itu peserta dapat mendaftar kapanpun selama 7 hari seminggu dalam 24 jam.

Terdapat tiga langkah untuk mendaftar kartu prakerja. Berikut langkahnya:
1. Klik tombol Daftar pada situs Prakerja.go.id
Sebelum mendaftar, terdapat tiga syarat yang harus dipenuhi:
- Berusia di atas 18 tahun
- Berstatus Warga Negara Indonesia
- Tidak dalam status pelajar atau mahasiswa ataupun pendidikan formal lainnya.

Langkah untuk mendaftar urutannya:
- Masukan nama lengkap, email aktif, isi pasword dan konfirmasi ulang pasword yang dalam kolom yang disediakan

- Periksa email, untuk melakukan aktivasi

- Setelah terverifikasi, dapat kembali ke situs prakerja.go.id


- klik login atau masuk pada halaman depan


Bagaimana jika tidak menerima OTP atau verifikasi email:
Kamu tidak akan menerima kode OTP apabila nomor telepon atau email yang tercantum pada akun sudah tidak digunakan atau sudah tidak aktif. Untuk itu, kamu harus pastikan bahwa nomor telepon maupun email yang terdaftar pada akun kamu sudah sesuai dengan yang digunakan saat ini.

Apabila nomor telepon dan email yang kamu gunakan saat ini masih aktif namun kamu tidak menerima kode OTP, silakan hubungi kami di info@prakerja.go.id


2. Tes Kemampuan Dasar

Seluruh peserta yang mendaftar kartu prakerja akan disaring melalui tes motivasi dan matematika dasar. Tes dilakukan setelah peserta mendaftar dan mendapatkan email verifikasi.
Tes kemampuan dasar ini untuk melihat potensi yang dimiliki dan arah yang tepat dengan pelatihan yang diminta.

3. Pilih Pelatihan yang Paling Dibutuhkan
Prakerja.go.id melakukan pelatihan secara online melalui sejumlah aplikasi. Pelatuhan juga menggandeng balai latihan kerja Kementerian Tenaga Kerja.

Banyak kompetensi yang diberikan sehingga pekerja dapat memilih kemampuan yang paling tepat.

4. Insentif Sebesar Rp3,55 Juta untuk Apa Saja?

Pada 2020 ini, Program Kartu Prakerja menyasar 5,6 juta peserta dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif sebesar Rp3,55 juta per peserta. Rinciannya untuk pelatihan sebesar Rp1 juta , insentif setelah pelatihan Rp600.000 per bulan selama 4 bulan, dan insentif memberikan evaluasi dalam survei sebesar Rp50.000. Nantinya survei akan dilakukan 3 kali sehingga peserta mendapatkan Rp150.000 untuk 3 kali survei.

 Program ini menyasar 5,6 juta orang peserta pada 2020 ini. Sedangkan pendaftaran baru akan dibuka pada pertengahan April 2020 ini.


Tempat Pelatihan yang Bekerjasama?

Sejauh ini dalam situs prakerja.go.id terdapat delapan lembaga yang akan melakukan pelatihan bagi pemberi kerja. Lembaga terdaftar ini meliputi Tokopedia, Skillacademi dari Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Mahir dan Kementerian Tenaga Kerja melalui Balai Latihan Kerja.

Tidak ada komentar:
Write comments