IBX58F8B9DC28E0A

Selasa, 20 Agustus 2019

Membantu Anak Menghapal dengan Cepat

 

Foto Ilustrasi

Setiap anak adalah istimewa. Mereka juga diberi kelebihan yang berbeda-beda. Ada anak yang sangat maju dalam menyelesaikan soal matematika. Ada yang tertarik dengan cerita namun banyak juga menyenangi aktifitas fisik.

Kecendrungan tiap anak itu akan memiliki tantangan serius seiring semakin padatnya materi pendidikan. Anak harus diberi stimulus cara menghapal cepat pelajaran di sekolah untuk memudahkan sang buah hati mengikuti pelajaran.

Cara menghapal dengan cepat ini sering juga disebut jembatan keledai. Sebuah upaya mengenalkan anak dengan bentuk ataupun kata tertentu agar otak dengan cepat menghubungkan dengan pelajaran.

Beberapa jembatan keledai untuk menghapal pelajaran dengan cepat ini dapat dilakukan seperti;

1. Bernyanyi bersama anak
Orang tua dapat membuatkan gubahan nyanyian terkait mata pelajaran terntu. Gubahan dalam nyanyian ini contohnya dilagukan oleh trio kweek kweek tentang ciri-ciri suatu negara beserta ibu kotanya. Ada yang ingat? Australia negeri wool... katanya.. katanya... aborigin sukunya... katanya.. katanya...

2. Menempel
Untuk membantu belajar buah hati, cara lain yang dapat dilakukan bagi anak visual adalah dengan menggunting dan menempel. Anak diminta membuatkan ringkasan materi yang harus dihapal untuk kemudian dituliskan dalam sebuah kertas berpola. Anak visual kemudian diminta menggunting kertas itu dan menempelkan di tempat-tempat paling sering berada di dalam rumah.

3. Menambah bacaan pengataan
Untuk anak tipe pembaca, maka agar anak mudah menghapal dapat dihadiahkan buku pengayaan bacaan. Untuk materi fisika misalnya, buku biografi tokoh yang menemukan rumus yang sedang dihapalkan dapat menjadi bahan bacaan sehingga lebih mudah menghapalkan materi.

4. Jadikan permainan
Cara lain yang dapat dilakukan untuk mempercepat anak menghapal adalah dengan menjadikan materi yang dihapal sebagai permainan. Semakin menyenangkan permainan yang melibatkan materi yang dihapal, maka akan semakin mudah bagi anak untuk mengingatnya.

5. Membuatkan singkatan
Permainan kata yang dekat dengan kehidupan sehari-hari akan membantu anak untuk menghapal. Beberapa contoh materi yang disingkat untuk di hafal seperti penyebutan TK, SD, SMP untuk membuat anak memahami tingkat pendidikan. Mengenal warna pada pelangi misalnya, disingkat menjadi MeJiKuHiBiNiU.

Nah selain memanfaatkan jembatan kedelai untuk memudahkan anak menghapal, yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan nutrisi yang seimbang bagi buah hati. Hal ini berfungsi memperkuat daya ingat oleh anak. 

Tidak ada komentar:
Write comments