IBX58F8B9DC28E0A

Kamis, 09 Mei 2019

Pilih Absensi Online atau Finger Print?

 




Absensi secara manual kini semakin lama semakin di tinggalkan, khususnya bagi perusahaan besar. Hal tersebut dikarenakan absensi dengan sistem manual kurang efektif dan mempersulit perusahaan untuk mengkalkulasikan jumlah absensi karyawan dalam periode tertentu. Itulah sebabnya, kini banyak sistem absensi digital yang memudahkan perusahaan dan menghasilkan data yang lebih akurat, seperti penggunaan fingerprint maupun absensi online berbasis aplikasi. 

Lalu manakah yang lebih baik antara pilih absensi online atau fingerprint ? Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Berikut penjelasannya.

Mesin Absensi Fingerprint

Mesin fingerprint atau pemindai sidik jari sudah banyak digunakan pada beberapa instansi atau perusahaan. Mesin ini memang mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan, yaitu sebagai berikut:

       Kelebihan:

Meminimalisir terjadinya kecurangan karena setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda-beda. Inilah sebabnya, saat absen kehadiran atau pulang kerja, setiap orang harus melakukan verifikasi absen masing-masing dengan jari mereka. Tidak ada lagi karyawan yang “titip absen” kepada rekan kerjanya saat terlambat datang.  Selain itu, akan memudahkan perusahaan mengelola data absensi dengan cepat dan akurat. Hasil absensi tersebut akan digunakan sebagai laporan data karyawan maupun perhitungan gaji.

       Kelemahan:

Selain memiliki beberapa kelebihan, mesin fingerprint juga mempunyai kelemahan. Fingerprint rentan terjadi error pada mesin sehingga tidak dapat menginput data absensi. Biasanya mesin tidak mampu mendeteksi sidik jari. Hal tersebut bisa disebabkan karena kurangnya perawatan sehingga bagian scanner basah atau kotor maupun terjadi kesalahan setting pada mesin.

Aplikasi Online Absensi

Mesin fingerprint hanya akan dipasang pada kantor perusahaan saja. Sementara ketika karyawan bekerja di lapangan yang tidak terdapat fingerprint, maka harus melakukan absen secara manual. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika perusahaan menggunaan absensi berbasis aplikasi dengan sistem online. Dimanapun karyawan bekerja, mereka bisa melakukan absensi secara akurat. Berikut kelebihan dan kelemahan penggunaaan aplikasi online absensi:

       Kelebihan:

Aplikasi absensi online dapat mengurangi kecurangan karyawan, karena karyawan harus log in dengan ID mereka masing-masing. Selain itu, perusahaan juga lebih mudah memantau kinerja karyawannya, khususnya dalam kedisplinan waktu, baik saat bekerja di perusahaan maupun sedang bekerja di lapangan langsung. Absensi dengan penggunaan online juga lebih menghemat biaya operasional yang dikeluarkan jika dibandingkan dengan biaya pemasangan fingerprint.

     Kelemahan:

Absensi berbasis aplikasi ini membutuhkan perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet. Sehingga untuk memperlancar proses absensi, membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Manakah yang Lebih Efektik dan Efisien antara Absensi Online atau Fingerprint?

Setelah memahami kelebihan dan kelemahan sistem absensi berbasis aplikasi online maupun fingerprint, terlihat bahwa sebenarnya keduanya mempunyai sisi positif dan negatif. Namun, aplikasi absensi online lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan pemasangan fingerprint, baik dalam segi biaya, kemudahan pengawasan, maupun tingkat masalah yang mungkin terjadi.

Salah satu aplikasi absensi online yang telah teruji kualitasnya adalah LinovHR, sudah banyak perusahaan- perusahaan besar yang menggunakan aplikasi absensi ini, Ada banyak fitur yang membuat aplikasi absensi LinovHR layak untuk digunakan seperti : real time. data absensi akurat, user freindy, keamanan tingkat tinggi, efisien serta praktis.

Segera ujicoba Aplikasi Absensi LinovHR Gratis tanpa kartu kredit. 

Tidak ada komentar:
Write comments