IBX58F8B9DC28E0A

Rabu, 06 Februari 2019

5 Hal yang Harus Tercermin dalam Design Logo

 

Pentingnya logo bagi perusahaan


Livingcikarang.com -- Memiliki logo merupakan sebuah keharusan bagi sebuah usaha. Logo menjadikan perusahaan mudah dikenali. Dengan desain logo, kesadaran publik akan eksistensi perusahaan dapat dipersuasi. Dengan kata lain, logo menjadi tampilan visual atas cerminan budaya perusahaan.

Meski terkesan hanya sebuah gambar, logo memiliki peran yang vital. Maka tidak heran banyak perusahaan yang membelanjakan puluhan miliar rupiah untuk mendesain ulang logo yang mereka miliki. Perusahaan yang membelanjakan puluhan miliar untuk menata ulang logonya seperti Harian Kompas, Pertamina, Sejumlah Kementerian dan BUMN hingga perusahaan publik.

Meski begitu, walau tidak memiliki anggaran belanja miliaran rupiah guna menyewa konsultan pemasaran, logo juga dapat disusun dengan mandiri. Yang utama adalah pemenuhan unsur-unsur dari logo harus terpenuhi. Lalu unsur utama apa saja yang harus ditampilkan dalam logo perusahaan?

1. Menampilkan citra dari perusahaan
Penggambaran logo perusahaan harus bisa menunjukan bagaimana perusahaan ingin dikenal oleh khalayak. Penangkapan visual mata dalam logo harus menunjukan kondisi perusahaan yang sebenarnya.

2. Menampilkan pola yang enak dilihat
Logo harus dapat diletakkan dalam berbagai ruang pemasaran yang menunjukkan identitas perusahaan. Untuk itu logo yang baik adalah titik pertama yang dilihat oleh pelanggan untuk kemudian dilanjutkan dengan bagian lainnya.

Untuk mendapatkan kesan ini logo harus ditampilkan dalam dimensi warna yang seimbang. Atraktif seperti desain budaya perusahaan serta elegan dan artistik.

3. Sederhana
Logo terbaik adalah logo yang sangat sederhana namun menampilkan kesan yang mendalam. Kesederhanaan logo juga mencerminkan perusahaan sangat elegan.

4. Seimbang
Meski logo didesain sangat apik. Yang utama adalah dapat menunjukan identitas perusahaan secara apik. Penempatan huruf, warna dan gambar harus memberikan pesan yang jelas akan usaha dan bidang yang digeluti perusahaan.

5. Memorable
Dalam menyusun logo, maka desain yang unik ini harus mendapatkan tempat lama memori ingatan. Kesan yang kuat membuat logo menjadi identitas bagi perusahaan.

Logo sendiri dapat disusun dakan beberapa model seperti jenis font yang khusus. Perpaduan gambar dan huruf. Logo juga dapat berupa penyingkatan nama perusahaan hingga logo sebagai entitas sendiri yang tak terkait dengan nama resmi perusahaan.

Tidak ada komentar:
Write comments