IBX58F8B9DC28E0A

Kamis, 03 Januari 2019

Kesenian Tradisional Apa Saja di Cikarang?

 

Via Vallen menyanyi di Cikarang

LIVINGCIKARANG.COM -- Cikarang adalah Bekasi. Memang benar, sebab itu merupakan ibukotanya. Sekarang mari kita berbincang mengenai kesenian tradisionalnya, yang tak kalah menarik dengan tempat lain di Indonesia.

Seperti diketahui, kota tersebut kini telah lekat industri dan arus modernisasi, juga sudah ikut berpengaruh. Namun bukan berarti, tak memilliki pesona terkait kebudayaan. Bila penasaran, berikut hal yang bisa dipelajari dari kota Cikarang Bekasi tentang kearifan lokalnya.

Wayang Kulit Bekasi
Mempunyai latar belakang yang hampir sama seperti kebudayaan Jawa. Tapi jika diperhatikan dari segi permainan, lebih condong mengadopsi budaya Sunda. Keunikan yang dimiliki di sini yakni, tentang adanya tokoh yang mirip wayang golek yang terkenal dengan sebutan ''Cepot dan Udel.'' Begawan Durna yang digambarkan seperti orang Arab, lengkap dengan peci di kepala.

Tari Topeng Bekasi
Bekasi juga memiliki tari topeng. Di mana kesenian ini tidak berupa seni tari saja. Di dalamnya juga dipentaskan seni musik, seni vokal, seni peran, serta seni sastra. Biasanya teaternya juga diberi nama sama, yaitu topeng bekasi. Menyuguhkan lawakan yang bersumber dari kehidupan sehari-hari.

Tanjidor Bekasi
Sebenarnya ini kesenian milik rakyat Betawi. Tapi sebab letak geografis Bekasi yang langsung berbatasan dengan ibukota negara, secara tak langsung mendapat pengaruh dari kebudayaan tersebut. 
Namun tanjidor dari kabupaten Bekasi ini, lebih banyak bercerita tentang budaya unsur Parahiyangan atau Sunda Karawitan. Sedangkan bagian kotanya kental dengan adat Betawi.

Kliningan Tanji
Merupakan perpaduan unik antara tanjidor dan gamelan salendro. Dalam sebuah pertunjukan, penonton akan disuguhi lantunan suara juru kawih alias sinden. Selain itu adapula sajian tarian khas yang bernama japin atau japlin.

Calung Dalengket
Kesenian tersebut dimainkan oleh setiap kelompok yang yang terdiri 9 orang. Setiap orang memainkan alat musik yang berbeda. Biasanya ditampilkan pada masa usai panen.

Mengombinasikan suling, toleat,  saron, kedemung, nenge, rebab, serta gong. Mereka semua dilombakan, dengan mengambil juri dari penonton, dan bukannya kehadiran juri.

Samrah 
Di samping dipengaruhi oleh budaya Sunda, Betawi dan Jawa, Bekasi juga memperoleh pengaruh dari budaya Arab. Adalah Samrah, yang berasimiliasi dengan budaya lokal. Pada pagelaran yang diadakan, pemirsa akan disajikan tari khas bernuansa Timur tengah. Lalu ada lagi lakon atau teater yang diiringi pantun.

Godot 
Godot tergolong kesenian yang mengacu pada seni beladiri. Berkembang di Karawang, mempunyai 4 gerakan dasar dan 2 gerakan tambahan. Belajar ini, Anda bisa mengusai tehnik pertahanan diri seperti memukul, menendang, menangkis serta menghindar.

Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi kota Bekasi ini? Secara kesenian yang berasal dari kota itu juga bagus dan unik.

Posting Komentar