IBX58F8B9DC28E0A

Kamis, 07 Februari 2019

6 Situs Penghubung Blogger dengan Pengiklan

 



Livingcikarang.com -- Semakin tingginya akses kecepatan internet di tanah air membuat aktivitas ngeblog semakin berkembang. Aktivitas menulis untuk ditampilkan di internet ini membuat semua orang dapat memproduksi informasi serta menjangkau jutaan pemirsa penggunaan internet.

Maka tidak heran, aktivitas ngeblog yang awalnya hanya sebuah hobi berkembang menjadi pekerjaan lepas bagi sejumlah orang. Pasalnya banyak tulisan para blogger ini yang memiliki pembaca setia dalam jumlah cukup besar.  Jangkauan pembaca ini juga  yang kemudian menarik minat para pemilik produk untuk bekerjasama dan menghasilkan pundi-pundi uang bagi pemilik blog.

Selain menjangkau lebih banyak pembaca, kerjasama dengan blogger dilakukan oleh pemilik produk untuk memenangkan mesin pencari Google. Seperti disampaikan dalam data APJII, lebih dari 80% pengguna internet mengandalkan mesin pencari terbesar di dunia ini untuk memperleh informasi yang dibutuhkan.

Pembaca ini akan berhenti di halaman pertama dan mengklik tiga situs teratas yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan.

Untuk mendapatkan tempat di posisi teratas Google, maka situs harus memiliki reputasi dan informasi yang kuat. Reputasi dibangun dengan banyaknya situs atau blog yang memberikan backlink kepada situs
tersebut.

Backlink ini dibaca mesin pencari seolah kita mereferensikan situs yang dituju sebagai tempat yang baik. Semakin banyak backlink yang dikumpulkan semakin kuat posisi situs yang dituju dalam laman pencarian Google.

Maka tidak heran banyak brand yang menganggarkan belanja besar untuk membuat posisinya berada diurutan teratas mesin pencari. Demikian juga dengan informasi, mesin pencari pada dasarnya
tetaplah mesin, maka indikator yang mereka baca adalah seberapa efektif kalimat yang disusun penulis shingga relevan dengan kebutuhan pemirsa yang memanfaatkan mesin pencari.

JEMBATAN INFLUENCER

Saat ini blog terus berkembang dan melahirkan beragam komunitas. Ada mereka yang suka menulis aktivitas makan enak dan lokasinya yang cozy, ada juga mereka yang berkutat seputar make up, hoby bahkan tanaman. Setiap grub bahkan ada yang memiliki anggota komunitas hingga ratusan ribu.

Jumlah blogger yang besar ini membuat para pemilik brand tidak mudah menentukan blogger mana yang akan diajak kerjasama. Mereka membutuhkan jembatan aplikasi untuk menyeleksi blog mana saja yang memberikan manfaat terbaik bagi brand. Sejumlah pengembang dari perusahaan ritisan melihat potensi ini.

Mereka kemudian membuat situs yang menjadi jembatan antara brand dan blogger agar aktifitas ngeblog juga mendatangkan pendapatan lebih maksimal. Ini 6 di antararanya :

1.       Sosiago

Situs penghubung blogger dan influencer ini menetapkan tarif terbuka dan tertutup. Terdapat sejumlah pekerjaan yang tarifnya ditentukan berdasarkan rate blogger namun lainnya tergantung dari pemberi kerja. Modelnya dengan membuka lelang.

Cara kerja Sosiago Influencer Marketing bisa dilihat di sini

2.       C2Live
C2live merupakan platform untuk menghubungkan blogger dengan pemberi kerja. Terdapat empat fitur utama, yaitu blog, portofolio, C2live Connect, dan meet-up

3.       Blogpartner
Aplikasi ini merupakan sistem aplikasi penghubung untuk mendukung marketplace blibli. Saat ini seluruh pekerjaan dari situs ini dibayar dengan voucher Blibli

4.       BPNetwork
Aplikasi ini memberikan pekerjaan bagi blogger khusus perempuan. Sistem yang dijalankan cukup rapi dalam menghubungkan pengiklan dengan para blogger.

5.       Rajabacklink
Aplikasi ini berfokus memberi pekerjaan bagi yang bersedia menulis sendiri. Besaran potongan yang ditetapkan cukup besar yakni mencapai 30% per pekerjaan. Sedangkan harga tulisan sudah mereka tentukan langsung.

6.       Sociobuzz
Aplikasi ini memiliki banyak project. Akan tetapi banyak selegram yang tergabung dalam aplikasi ini sehingga pekerjaan relatif sulit didapat untuk blogger baru.

7. Vira
Situs web ini memiliki banyak sekali pekerjaan penulisan untuk membangun backlink. Sangat menarik untuk diikuti. Meski begitu, untuk penulisan sendiri tarif yang ditawarkan relatif tidak terlalu tinggi. Namun dikembalikan kepada masing-masing blogger untuk memilih mengambil atau tidak mengambil pekerjaan tersebut

Tidak ada komentar:
Write comments