IBX58F8B9DC28E0A

Senin, 24 Desember 2018

Makanan Khas Cikarang Bekasi

 


Livingcikarang.com -- Setiap daerah, tentunya memiliki ciri khas makanan unik. Begitupun dengan kota Cikarang Bekasi. Jika Anda kebetulan bertandang ke kota tersebut, jangan lupa untuk mencicipi kulinernya. 

Seperti budaya, soal pengisi perut inipun masih dipengaruhi oleh budaya dari suku Betawi. Dapat diperhatikan beberapa jenis kuliner yang dimiliki. Lebih jelas, silakan baca urainan singkatnya.

Kue Duit
Mendengar namanya, Anda pasti langsung tersenyum. Sebab memang bentuknya mirip duit/uang (Indonesia). Terbuat dari tepung, gula dan telur. Cara membuatnya : Adonan terigu dicampur gula, dibentuk pipih lalu digoreng. Disajikan bersama segelas teh hangat di sore hari.

Kue Sagon
Terbuat dari tepung beras, parutan kelapa serta gula. Sering dijumpai saat lebaran. Cara membuatnya : Tepung bersama gula dan parutan kelapa. Selanjutnya dipanggang atau dioven selama 20 menit.

Rengginang 
Berasal dari ketan yang dimasak dengan garam dan sedikit santan. Setelah dingin, dibentuk bulat mirip lingkaran lalu dijemur. Jika sudah kering baru digoreng. Rasanya gurih dan renyah, walau adapula yang berasa manis.

Kue Akar Kelapa
Bentuknya layaknya akar kelapa. Cocok untuk oleh-oleh. Dibuat dari tepung ketan, beras ketan dan kelapa parut. Cara memasaknya : Bahan kue diaduk jadi satu, dicetak setelah itu digoreng.

Dodol Betawi
Bahan asalnya dari tepung beras ketan, gula jawa, santan dan aroma. Umumnya disajikan pada saat hari raya. Atau sebagai hantaran seserahan lamaran.

Bandeng Rorod
Bandeng rorod ini juga familiar dikenal publik sebagai bandeng presto. Dibumbui dan setelah matang diletakkan pada box-box khusus. Harganya lumayan mahal, tapi tetap saja diburu wisatawan yang datang ke Cikarang.

Bir Pletok
Minuman tersebut sama sekali tidak mengandung alkohol, hanyalah istilah saja. Menyehatkan, sebab terbuat dari rempah-rempah. Misalnya : Jahe, sereh, batang secang dan masih banyak lagi. Dijual dalam bentuk serbuk dan minuman dalam botol. Efektif menyembuhkan gejala masuk angin, flue dan lain sebagainya.

Wajik Ketan Hitam
Rasanya manis, perpaduan antara gula, dan santan. Berasal dari tepung ketan hitam yang dicampur rempah-rempah. Kuliner tersebut mampu bertahan lama.

Kue Kembang Goyang
Kuenya mirip bunga, tapi ada yang juga yang menyebut ''kue roda''. Rasanya manis. Terbuat dari percampuran tepung ketan dan tepung beras, gula dan santan.

Kue Biji Ketapang
Rasanya manis dan gurih. Berasal dari tepung terigu, telur, santan, dan mentega, dicetak lalu digoreng. Bisa ditemukan di pasar Bekasi Timur. 

Kue Telur Gabus
Berasa gurih dan renyah. Terbuat dari tepung kanji, mentega dan telur. Cara mengolahnya : Adonan diaduk jadi satu, dibentuk lonjong kecil panjang lalu digoreng. 

Posting Komentar