IBX58F8B9DC28E0A

Kamis, 28 Juni 2018

Kamu Generasi Milenials? Jangan Lewatkan Ruang Inovasi Kemnaker Ini

 



LIVINGCIKARANG.COM- Buat kamu para generasi milenials dan punya segudang kreativitas, berbahagialah. Sekarang Kementerian Ketenagakerjaan telah menyiapkan Ruang Inovasi untuk menampung segala ide dan kreativitas generasi muda.

Peresmian Ruang Inovasi merupakan bentuk kepedulian Pemerintah kepada anak-anak muda kreatif dan inovatif. Ruang inovasi diresmikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri akhir Juni lalu.

Ruang yang terletak di Lantai M, Gedung Parkir Kementerian Ketenagakerjaan ini merupakan fasilitas dan berbagai program yang dirancang oleh Tim Innovation Room Kemnaker untuk membantu anak-anak muda yang dikenal sebagai startup mengembangkan bisnis digital dan proyek kreatif lainnya.

Penguasaan teknologi yang didominasi oleh anak muda mendorong Kemnaker untuk memfasilitasi anak muda dalam berkreasi. Dengan begitu bisa menurunkan jumlah penganggur muda dan menciptakan lapangan kerja baru bagi generasi millennials.

Menteri Hanif menyatakan fasilitas Innovation Room ini akan menjadi wadah luar biasa bagi anak-anak muda zaman now yang fleksibel, cepat, dan dinamis untuk bertransformasi menjadi backbone industri kreatif di Indonesia. Inovation Room ini juga wujud komitmen Kemnaker dalam peningkatan kualitas dan kapasitas angkatan kerja muda dalam menyambut industri baru dan bersaing secara global.

Keberadaan Innovation Room dapat menghasilkan pekerja digital dengan profesi-profesi baru yang selama ini belum terwadahi di dunia pendidikan seperti jabatan UI/UX Designer (untuk mendesign aplikasi supaya enak dilihat oleh user), sosial media marketing, digital marketing, data scientist, dan lain-lain.

Program Innovation Room bertujuan memberikan pembaruan mengenai penguasaan teknologi dan wawasan di dunia industri kepada para anak muda mengerti know-how dan know-why terkait teknologi produksi dan proses hingga mampu membuat prototype, melakukan pengujian dan demonstrasi, menduplikasi, dan mengadaptasi teknologi yang dibutuhkan.

“Saya berharap konsep Innovation Room Kemnaker ini dapat dikloning oleh Co-Working Space lainnya yang telah banyak diinisiasi oleh industry. Sehingga pada akhirnya mampu melaksanakan perubahan secara mandiri dalam produk digital atau prosesnya untuk memenuhi kebutuhan pasar serta mengenalkannya ke pasar," ujar Menteri Hanif melalui pernyataan resminya.


Pembangunan Innovation Room ini didasari oleh pemahaman luas mengenai potensi Indonesia sebagai negara dengan jumlah startup cukup tinggi. Tercatat sebanyak 1.830 startup berdasarkan data startup ranking per tanggal 22 Juni 2018.

Jumlah ini diprediksi bakal terus bertambah mengingat potensi penggunaan internet di Indonesia sangat tinggi. Berdasarkan data dari Survei Penetrasi dan Prilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2017 yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 143,26 juta atau 54,68 persen dari total penduduk Indonesia sebanyak 262 juta orang.

Pengguna internet di Indonesia didominasi oleh penduduk yang tergolong masih muda, yakni umur 19-34 tahun yang mencapai 49,52 persen dari total pengguna internet.
***

Tidak ada komentar:
Write comments