IBX58F8B9DC28E0A

Jumat, 30 April 2021

5 Alasan Anak di Daycare Lebih Rentan Tertular Penyakit

 

 



 

 

Tidak sedikit Mama Papa terpaksa harus menitipkan Si kecil di Daycare atau penitipan anak karena kesibukannya. Tetapi, ada yang mengatakan bahwa Si kecil lebih rentan tertular penyakit ketika di Daycare. Kenapa bisa begitu? Mari Mama Papa cari tahu 5 alasan anak mudah tertular penyakit saat di daycare serta tips memilih daycare yang bagus untuk Si kecil.

5 Alasan Anak Mudah Tertular Penyakit di Daycare

Bagi Mama Papa yang selalu menitipkan Si kecil di Daycare sebaiknya lebih waspada. Karena ternyata, daycare adalah tempat dimana resiko penularan penyakit cukup tinggi pada Si kecil. Berikut 5 alasannya:

1.      Banyak Melakukan Kontak Fisik

Saat di daycare terdekat, Si kecil pasti melakukan banyak interaksi dan aktivitas lainnya. Interaksi dengan orang-orang di seMama Paparnya termasuk dengan anak lainnya tidak bisa dihindarkan. Jenis interaksi bisa kontak fisik langsung atau secara verbal.

Kebiasaan berinteraksi interpersonal membuat penyakit mudah sekali menular. Misalnya, seseorang yang sedang sakit melakukan interaksi dengan Si kecil. Lalu, virus penyakit tersebut masuk ke tubuh Si kecil dan menularinya.

Si kecil mudah tertular penyakit yang dibawa orang lain biasanya lewat kontak fisik. Kondisi imunitas Si kecil yang belum kuat membuat virus sangat mudah menyerang mereka.

Pada umur seMama Papar 2 tahun, Si kecil lagi sedang aktif-aktifnya bereksplorasi dan mengenal lingkungan seMama Paparnya. Faktor ini juga yang membuat mengapa Si kecil selalu berinteraksi dengan orang dan benda di dekatnya.

Aktivitas seperti menyentuh, mendorong, mengeksplorasi, dan menarik sudah seperti menjadi kebiasaan bagi seumuran Si kecil. Kontak fisik dan interaksi tentu sulit dihindari saat berada di daycare.

Hal terbaik yang harus dilakukan demi kesehatan Si kecil adalah pihak daycare sebaiknya lebih memberi perhatian khusus pada orang atau anak yang sedang sakit.

Apalagi jika penyakitnya menular, seperti flu, demam, pilek, atau diare. Jangan sampai si penderita melakukan kontak fisik atau berbaur dengan anak-anak yang kondisinya sehat.

2.      Sistem Imunitas Belum Kuat

Jika dibanding dengan orang dewasa, usia anak-anak lebih rentan tertular penyakit. Mengapa bisa demikian? Usia anak merupakan usia pertumbuhan. Baik fisik maupun psikologis. Demikian halnya dengan sistem imunitas atau daya tahan tubuh mereka.

Saat seusia Si kecil, sistem imunitas sedang dalam proses perkembangan. Itulah mengapa daya tahan tubuhnya masih lemah. Membuat mereka sangat mudah terserang atau tertular penyakit.

Mama Papa jangan sampai tidak tahu tentang hal tersebut. Alasannya, supaya Mama Papa bisa menjaga Si kecil dari hal-hal yang membahayakan kesehatannya.

Untuk mengantisipasi resiko tertular penyakit, Mama Papa bisa melakukan berbagai upaya kepada Si kecil. Misalnya dengan memberi asupan bernutrisi dan bergizi, melakukan vaksinasi secara teratur, serta memperhatikan waktu istirahat atau kegiatan-kegiatannya.

3.      Belum Bisa Menjaga Kebersihan Diri

Kebersihan tidak boleh dikesampingkan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri. Si kecil yang usianya belum matang belum bisa menjaga kebersihan dengan baik. Mereka masih memerlukan bimbingan Mama Papa serta pengasuhnya di daycare. 

Peran Mama Papa dan pengasuh daycare sangat penting dalam menumbuhkan kebiasaan hidup sehat. Ajari Si kecil mulai dari hal yang sederhana, seperti mencuci tangan.  Cuci tangan sangat efektif untuk mengurangi resiko penyebaran penyakit menular.

Mungkin Mama Papa pernah mengalami atau melihat kejadian dimana seorang anak menyentuh Si kecil. Padahal, si anak ini belum mencuci tangannya setelah memegang sesuatu.

Tentu Mama Papa merasa khawatir melihat hal tersebut. Takutnya, ada bakteri atau kuman yang menempel di tangan si anak itu tadi. Langkah terbaik agar anak terbiasa cuci tangan adalah dengan membiasakannya sejak masih kecil.

4.      Belum Melakukan Vaksinasi Secara Menyeluruh

Vaksinasi pada Si kecil tidak hanya satu kali saja. Ada beberapa tahap proses vaksinasi yang harus dilakukan. Usahakan agar Si kecil menjalani vaksinasi secara menyeluruh. Hal ini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam beberapa kasus, Si kecil yang belum divaksin, daya tahan tubuhnya masih lemah. Membuat mereka mudah tertular penyakit. Jadi, Mama Papa sebaiknya memastikan bahwa Si kecil sudah divaksin sebelum pengasuhan dipercayakan ke daycare.

5.      Pertumbuhan Fisik Belum Matang

Alasan terakhir yang menyebabkan Si kecil rentan tertular penyakit saat di daycare adalah pertumbuhan fisik belum matang. Beberapa anak menderita gangguan fisik yang berhubungan dengan umur mereka.

Contohnya, pertumbuhan tabung Eustachius yang terhambat memicu timbulnya infeksi telinga Si kecil. Bisa juga ketika Si kecil belum lepas popok karena masalah usia atau perkembangan fisiknya, rentan tertular diare.




Tips Memilih Daycare Terbaik Buat Si kecil

Setelah Mama Papa ketahui bersama 5 alasan Si kecil di daycare lebih rentan tertular penyakit, kini saatnya mencari tahu tips memilih daycare terbaik.

Ketika mencari daycare untuk Si kecil, Mama Papa wajib memperhatikan beberapa hal. Cari tahu informasi tentang daycare secara rinci. Termasuk bagaimana program serta jenis asupan makanan bagi Si kecil di sana, apakah sesuai atau tidak.

Mama Papa juga perlu untuk menyelidiki latar belakang pengasuh dan guru di tempat pengasuhan Si kecil. Serta cari tahu standar keamanan sarana dan prasarana di tempat tersebut. Dengan demikian maka Mama Papa bisa merasa aman ketika menitipkan Si kecil.

Mama Papa bisa menggunakan sebuah platform bernama Kiddo.id untuk memilih daycare Si kecil. Di platform ini, Mama Papa bisa memilih vendor daycare yang fasilitas atau biayanya terjangkau untuk Mama Papa dan cocok untuk di kecil. Platform ini juga dibuat supaya Mama Papa dapat memaksimalkan potensi serta bakat yang Si kecil miliki.

Ada banyak sekali menu serta fitur di dalam aplikasi Kiddo.id. Sudah banyak Keluarga Kiddo yang puas dengan platform ini. Mereka merasa sangat terbantu dalam mendidik anak melalui beragam aktivitas dan kursus spesial.

Kiddo.id saat ini mempunyai ribuan koleksi berupa konten pendidikan anak dan parenting. Lewat akses ke platform Kiddo.id, Mama Papa bisa menemukan tips memilih daycare yang terbaik untuk Si kecil. Segera download aplikasi Kiddo.id atau akses laman resminya.

Referensi:

https://www.haibunda.com/parenting/20190827105606-60-54578/5-sebab-anak-di-day-care-lebih-rentan-tertular-penyakit

https://kumparan.com/kumparanmom/bayi-jadi-rentan-sakit-saat-di-daycare-benarkah-1rgKl3VJbFV/full

https://www.motherandbaby.co.id/article/2018/11/10/11209/Menitipkan-Bayi-di-Tempat-Penitipan-Anak-atau-Daycare

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/823707-mengapa-anak-rentan-sakit-saat-di-daycare?page=2&utm_medium=page-2

 

 

 

 

Tidak ada komentar:
Write comments