IBX58F8B9DC28E0A

Selasa, 23 Juli 2019

Manfaat Deposito yang Perlu Diketahui Pemula

 



 Investasi merupakan salah satu cara untuk menabung uang dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar di masa datang. Meski memiliki risiko, berinvestasi menjadi hal yang menarik selama kita mengetahui dan memahami instrumen yang sedang kita investasikan. Salah satu instrumen yang bisa dijadikan pilihan untuk berinvestasi adalah deposito.

Deposito termasuk jenis investasi yang mudah dipahami dan memiliki risiko yang cukup rendah. Karena itu deposito sering disebut sebagai investasi yang cocok untuk pemula. Ada sejumlah manfaat yang bisa didapat dengan berivestasi lewat deposito.

Berikut beberapa manfaat yang sudah dirangkum tim redaksi Living Cikarang.

 1. Keuntungan yang kompetitif

Salah satu keuntungan yang didapat dari investasi adalah melalui peningkatan nilai investasi yang ditanam. Deposito relatif menjanjikan karena memiiki suku bunga yang lebih tinggi jika dibanding tabungan biasa.

Jika biasanya tabungan memberi bunga yang biasanya imbang dengan biaya administrasi, maka lewat deposito jumlanya lebih besar. Nilainya lebih baik, sehingga nasabah dapat mendapatkan manfaat yang lebih terasa dibanding berinvestasi pada tabungan biasa.

 2. Jaminan Keamanan

 Prinsip kehati-hatian merupakan hal yang mutlak harus dipelihara dalam berinvestasi. Bahkan, Warren Buffet saja yang uangnya sudah menggunung tetap memperhatikan faktor ini. Dalam investasi seseorang harus terus memastikan bahwa ia tidak akan kehilangan uang dari investasi yang dilakukan. Karena itu faktor keamanan merupakan hal krusial dan harus selalu menjadi prioritas.

Dalam hal keamanan ini, Deposito memberi jaminan keamanan ekstra. Alasannya, uang yang dimasukkan ke deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dengan begitu, ketika terjadi situasi negatif seperti kebangkrutan sebuah bank, dana deposito tetap dapat diterima kembali.

Untuk memberi kepastian pada nasabag, LPS menjamin dana hingga Rp2 miliar dengan suku bunga maksimal sebesar 7,5 persen. Kepastian keamanan yang diberkan LPS ini merupakan jaminan bagi investor terutama bagi pemula untuk membuka deposito di bank.

 3. Risiko Rendah

Berinvestasi melalui deposito memberi risiko yang lebih kecil dibanding berinvestasi lewat saham, valuta asing, atau properti. Alasannya nilai investasi lewat deposito relatif lebih stabil dan tidak terlalu terpengaruh dengan gejolak pasar. Jadi kalau hanya riak di pasar saham tidak akan berpengaruh pada deposito yang ditanam.

 Risiko yang rendah ini membuat deposito menjadi primadona terutama bagi orang yang mau berinvestasi tapi tidak mau pusing dan repot. Tidak perlu deg-degan setiap hari menunggu pasar.

 4. Akses mudah

Alasan utama seseorang berinvestasi lewat deposito tentu saja untuk mendapat nilai dari pertumbuhan investasi yang dilakukan. Itulah kenapa investasi sering disebut sebagai pasif income. Meski pasif, tentu saja orang akan mencari investasi yang menjanjikan lebih banyak keuntungan. Nah dengan deposito, nasabah akan mudah mendapatkan akses untuk memanfaatkan keuntungan yang diperoleh dari bunga.

Lewat deposito, bunga yang didapatkan dalam jangka waktu tertentu bisa dimanfaatkan oleh nasabah sesuka hati dengan cara melakukan tarik tunai. Bahkan bunga yang diperoleh dari tabungan deposito juga bisa diinvestasikan lagi.

Saat ini, dikenal keberadaan sistem ARO (Automatic Roll Over) yang dengan sendirinya selalu menambahkan bunga ke nilai deposito secara otomatis. Akibatnya, bunga deposito juga akan naik seiring dengan pertambahan jumlahnya. Itu dia beberapa manfaat deposito yang bisa menjadi pertimbangan buat investor pemula.

Sebagai investor pemula, jangan lupa untuk tidak asal pilih dalam menentukan pilihan deposito. Saat ini ada banyak pilihan bank yang menyediakan deposito dengan bunga kompetitif. Bila investasi yanng diharapkan untuk jangka panjang seperti untuk masa depan anak maka sangat penting memperhatikan nilai pertumbuhan bunga yang ditawarkan.

 HSBC misalnya saat ini punya program deposito dengan total return 7,25 persen. Adapun keuntungan yang ditawarkan adalah

  • • Bunga 6,25% per tahun + cash back hingga Rp 100 Juta (setara dengan total return hingga 7,25%) untuk deposito Rupiah
  • • Bunga 1,25% per tahun + kelipatan cash back hingga USD 5.000 untuk setiap penempatan dana kelipatan USD 500.000 (setara dengan total return hingga 2,50%)




Tidak ada komentar:
Write comments