IBX58F8B9DC28E0A

Selasa, 05 Juni 2018

Jadwal dan Lokasi Naik Damri dari Cikarang ke Bandara Soekarno Hatta Terbaru

 

Jadwal Damri Cikarang -Bandara Soekarno Hatta


LIVINGCIKARANG.COM -- Pool Damri Bandara dari Cikarang ke Bandara Soekarno Hatta berubah. Saya melongo melihat sebrang jalan hotel java palace atau jalanan setelah bundaran patung kuda kawasan industri Jababeka.

Pool Damri Bandara Soekarno Hatta yang biasanya ramai, kosong melompong. Meski begitu masih terdapat ada kehidupan berupa botol air dispenser di dalam loket. Saya menduga-duga, apakah memang bus sedang sedikit?  Ada kendala bis dijalan seperti macet parah? atau ada kendala lainnya.

Tak ada petugas yang bisa ditanya. Pun para pedagang ataupun ojek pangkalan yang biasanya lalu-lalang di sekitar lokasi. Padahal keputusan harus segera dibuat. Jarak Bandara Soekarno Hatta dari Cikarang membutuhkan waktu tempuh rata-rata 2 jam.  Akhirnya setelah 5 menit menunggu, ada titik cerah.

Pegawai hotel yang kebetulan baru datang memberi kabar kalau pool Damri Cikarang pindah. Lokasi baru berada lebih ke belakang dari kawasan industri Jababeka. Tepatnya di Hollywood Junction Jababeka. Kawasan ini, dalam designnya merupakan tempat hunian terpadu lengkap dengan tempat nongkrong.

Pemindahan pool Damri ini, meski memiliki sisi positif karena kawasannya lebih luas dan ada tempat menunggu yang nyaman. Akan tetapi tidak ada angkutan umum yang melintasi. Warga Lemah Abang, Lippo Cikarang ataupun warga di sekitar Meikarta yang biasa menggunakan Damri ke Bandara Soekarno Hatta harus menggunakan taksi, angkutan online ataupun ojek pangkalan untuk keluar dari kawasan industri Jababeka.


Oh ya, saat ini jika menempuh perjalanan dari Cikarang ke Bandara Soetta hanya dapat melalui jalan darat. Yakni Tol Cikampek-Jakarta, kemudian masuk ke Tol Dalam Kota kemudian keluar di tol Sedyatmo sebelum masuk ke kawasan Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Jika kondisi perjalanan normal, perjalanan ini dapat ditempuh 2 jam-3 jam dengan kendaraan pribadi ataupun Damri. Akan tetapi, jalur yang tersedia ini terkenal dengan kemacetannya meski berupa jalan tol.



Kemacetan ini tidak kenal waktu, pagi-siang bahkan hingga malam hari. Apalagi saat ini disepanjang jalan bebas hambatan ini sedang dilakukan sejumlah pembangunan transportasi massal yakni Kereta Ringan Cawang-Bekasi Timur, Kereta Api Cepat Jakarta -Bandung serta Jalan Tol Layang di atas jalan tol exsisting saat ini. Akibatnya waktu tempuh ke bandara sering di atas waktu perkiraan.


Keberangkatan dengan Damri ini tersedia sepanjang hari dengan keberangkatan paling terakhir pukul 19.00. Sedangkan keberangkatan pertama dimulai semenjak pukul 03.00 WIB. Jadwal keberangkatan Damri menuju bandara ini relatif sangat tepat waktu. Jadi jika ingin menggunakan angkutan massal ini harus datang sebelum jadwal keberangkatan.

JADWAL KEBERANGKATAN DAMRI dari CIKARANG ke BANDARA SOEKARNO HATTA


Jam Keberangkatan : 03.00 - 04.00 - 05.00 - 06.00 - 07.00 - 08.00 - 09.00 - 10.00 - 11.00 - 12.00 - 13.00 - 14.00 - 15.00 - 16.00 - 17.00 - 18.00 - 19.00