IBX58F8B9DC28E0A

Sabtu, 21 Oktober 2017

5 Pantai di Banyuwangi Ini Tidak Kalah Indahnya Dibandingkan Bali, Penasaran?

 


pantai di Banyuwangi, foto: Traveloka


Bali terkenal sebagai tempat wisata dengan ribuan pantai yang memukau. Mulai dari pantai yang sudah lama dikenal, seperti Pantai Kuta, Legian, hingga pantai yang baru-baru ini dikenal luas, seperti Pantai Kelingking dan Pantai Pasih Uug. Namun, kalau ingin suasana berbeda yang tak kalah dengan pantai di Bali, bisa memilih berkunjung ke Banyuwangi.


Secara lokasi, Banyuwangi sangat berdekatan dengan Bali. Bahkan, para wisatawan kerap melintasi wilayah Kota Banyuwangi saat menyeberang ke Bali. Terutama, para wisatawan yang berangkat dari berbagai kota di Indonesia bagian barat, seperti Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Bali, Semarang, atau Jakarta.

Kota Banyuwangi memang menjadi pemberhentian terakhir pengguna tiket kereta api dari berbagai kota besar di Pulau Jawa. Ada beberapa kereta yang melayani layanan transportasi ke sini. Di antaranya adalah, Mutiara Timur Malam/Siang, Tawang Alun, dan Sritanjung. Secara khusus, Mutiara Malam menyediakan opsi melanjutkan perjalanan ke Denpasar dengan bus Damri eksekutif.


Lebih mudahnya lagi, saat ini seorang wisatawan bisa memesan tempat duduk di kereta api tujuan Banyuwangi dengan sangat praktis. Tidak perlu berangkat ke stasiun, Anda bisa melakukannya secara online. Salah satu yang menjadi rekomendasi adalah layanan pemesanan tiket kereta api di Traveloka. Anda dapat mengakses situsnya dengan klik di sini.

Pemesanan tempat duduk kereta api lewat agen travel online seperti Traveloka sangat mudah. Bisa dilakukan lewat aplikasi di smartphone atau berkunjung ke situs resmi mereka menggunakan komputer. Selanjutnya, Anda tinggal memilih kereta yang ditumpangi serta waktu keberangkatan.

Setelah melakukan konfirmasi pemesanan kereta api, Anda pun tinggal menyiapkan berbagai kebutuhan untuk keberangkatan ke Banyuwangi. Lalu, pantai indah mana saja yang bisa dijumpai di kota ini? Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah 5 di antaranya:

 1.      1. Pantai Plengkung (G Land)

keindahan pantai Banyuwangi, sumber : common.wikimedia.org



Pantai indah yang pertama adalah Pantai Plengkung, juga terkenal dengan nama G Land. Pantai ini jadi lokasi liburan tepat untuk Anda yang mengaku hobi berselancar. Ombak di pantai ini memang terkenal berukuran besar, bahkan bisa mencapai 6 meter. Menariknya lagi, gulungan ombak di sini juga bertahan dalam waktu yang cukup lama, antara 4 hingga 5 menit.

Pantai Plengkung berlokasi di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Anda bisa menjangkau tempat ini menggunakan kendaraan sewa dari pusat Kota Banyuwangi. Jarak tempuhnya sekitar 59 km. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menjangkau pantai ini dari Pulau Bali. Waktu terbaik untuk melihat gulungan ombak yang besar di pantai ini adalah pada rentang Juli hingga September.

1.      2. Blue Bay

 
foto : PesonaBanyuwangi


Untuk para pencinta aktivitas snorkeling, Teluk Biru bisa menjadi pilihan menarik. Pantai yang satu ini menawarkan air laut yang jernih dengan keindahan alam bawah laut yang memukau. Ditambah lagi, air di Teluk Biru sangat tenang, memberikan pandangan yang jelas bagi para wisatawan saat ber-snorkeling.

Seperti halnya Pantai Plengkung, Teluk Biru jadi bagian dari Taman Nasional Alas Purwo. Untuk masuk ke sini, Anda bisa menggunakan layanan penyewaan perahu yang ada di Muncar. Perjalanan naik perahu menuju teluk yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan nama Senggrong ini butuh waktu selama 2 jam. Tarif sewa perahu berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp500 ribu.

1.      3. Pulau Tabuhan



Kalau ingin pantai dengan suasana yang sepi, Pulau Tabuhan bisa menjadi solusi. Pulau ini merupakan sebuah pulau mungil, berukuran sekitar 5-6 hektare. Di sini, Anda bisa menjumpai pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih. Ada pula reruntuhan bangunan yang menjadi lokasi foto favorit para wisatawan.

Pantai ini cukup mudah dijangkau dari Stasiun Banyuwangi Baru. Dari stasiun, Anda bisa secara langsung menuju ke Pantai Bangsring. Di pantai ini, perjalanan dilanjutkan dengan menyeberangi laut, sekitar 15 menit. Tersedia layanan penyewaan perahu, dengan kapasitas untuk 10 orang. Tarifnya, sekitar Rp500 ribu per perahu.

4. Pantai Teluk Hijau


foto : Traveloka

Selain Blue Bay, ada pula Green Bay atau Teluk Hijau di Banyuwangi. Pantai ini pun memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dibandingkan Blue Bay. Di sini, Anda akan menjumpai pantai dengan pasir putih yang bersih serta air laut jernih. Tidak hanya itu, ombaknya yang tenang membuat pantai ini cocok sebagai lokasi berenang dan snorkeling.

Teluk Hijau berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai ini masuk dalam wilayah administratif Desa Sarongan di Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi. Lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Banyuwangi, sekitar 90 km. Selain lewat darat, pantai ini juga bisa dijangkau dengan naik perahu yang berangkat dari Pantai Rajagwesi.

BACA JUGA: Perkembangan Monorel antar Kawasan Industri Bekasi


5.  Pantai Wedi Ireng


Salah satu pantai di Banyuwangi, foto Common.wikimedia.org


Pantai Wedi Ireng menjadi salah satu pantai unik yang dimiliki Banyuwangi. Pantai ini memiliki dua warna pasir, yakni hitam dan putih. Pantai dengan pasir warna hitam, terletak di bagian timur. Sementara di bagian barat, pasirnya berwarna putih. Keduanya terpisahkan oleh deretan batu karang.

Untuk menuju ke tempat ini, Anda bisa menggunakan angkutan umum atau mobil sewa dengan tujuan Pantai Pancer. Dari pantai ini, terdapat dua jalur yang bisa digunakan, melintasi hutan atau menyeberangi laut. Kalau ingin tantangan, bisa memilih jalur hutan. Untuk jalur laut, Anda perlu mengeluarkan biaya transportasi sebesar Rp25 ribu per orang.

Lima pantai ini hanya bagian kecil dari tempat wisata indah di Banyuwangi. Tertarik ke sini?






Tidak ada komentar:
Write komentar