IBX58F8B9DC28E0A

Selasa, 17 Oktober 2017

Lakukan Hal Ini untuk Memulai Bisnis Saat Tak Punya Modal

 



Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan nampaknya terasa semakin berat. Lapangan yang tersedia tidak sebanding dengan pencari kerja yang ada. Belum lagi spesifikasi yang diajukan oleh perusahaan atau tempat pencari kerja sulit untuk dipenuhi. 

***

Persaingan pun semakin ketat antar pencari kerja. Akhirnya, mungkin Anda tak kunjung mendapatkan pekerjaan dan menghabiskan hari-hari hanya untuk membaca koran, membaca internet, atau media sosial guna menemukan lowongan pekerjaan. Kadang-kadang bertanya pada teman tentang lowongan pekerjaan, tapi semakin lama semakin malu rasanya. 


Hal itu belum seberapa dibanding rasa bersalah telah mengecewakan keluarga. Nah, jangan perpanjang waktu untuk merasakan hal-hal tersebut. Juga jangan terus buang-buang waktu untuk mencari pekerjaan. Mungkin saja jalan Anda untuk menjadi sukses dalam perekonomian bukanlah berasal dari gaji karyawan. Mungkin saja jalan Anda adalah menjadi pemilik usaha. Maka, Anda bisa mulai mencoba menjalankan sebuah bisnis.

Berbisnis memang kini sangat diperlukan mengingat lapangan pekerjaan yang tersedia tak sebanding dengan pencari pekerjaan. Selain itu bisnis juga memiliki keunggulan dalam hal pendapatan. Yaitu tidak seperti bekerja menjadi karyawan saja yang gajinya sama setiap bulan, dengan Anda menjadi pebisnis maka Anda bisa memaksimalkan penghasilan Anda. Setiap hari Anda memiliki kesempatan untuk terus meningkatkan penghasilan. 

Bahkan, kini orang-orang yang memiliki pekerjaan tetap pun banyak yang memilih membuka usaha untuk sambilan untuk menambah penghasilan. Memang pendapatan dari pekerjaan utama biasanya dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu menurut mereka, bisnis bisa menjadi tabungan masa depan. Untuk itu, tak ada salahnya Anda memulai bisnis sendiri.

Pertama, tentunya Anda harus menentukan bisnis apa yang bisa Anda jalankan. Untuk menentukan bisnis yang akan dijalankan caranya cukup sederhana walaupun tak bisa dibilang mudah.Tentukanlah bisnis atau usaha yang tengah banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Kemudian pertimbangkan pula ketertarikan dan passion Anda pada bisnis tersebut. 

Menjalankan bidang bisnis yang sesuai dengan passion Anda tentu akan membantu dalam menjalankannya. Bisnis atau usaha yang sesuai dengan passion atau ketertarikan pemiliknya, maka bisa dijalankan dengan penuh semangat. Hal tersebut sangatlah bermanfaat dalam sebuah bisnis. Jadi, jika Anda sudah menemukan bidang bisnis yang pas, buatlah konsep bisnis tersebut.

Kedua, buatlah rencana anggaran. Tentukan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis tersebut. Kemudian rencanakan dari mana sumber modalnya. Apakah Anda sudah memiliki tabungan, dan sebagainya. Nah, untuk yang satu ini biasanya banyak menjadi sumber masalah para pebisnis pemula. Urusan modal memang tak bisa dipandang gampang. 

Seringkali orang-orang bahkan enggan memikirkan untuk membuka bisnis karena sudah lebih dulu pesimis dengan urusan modalnya. Padahal, ada berbagai jalan keluar untuk memulai bisnis saat tak punya modal. Intinya, tidak adanya modal bukanlah sebuah penghalang untuk seseorang mulai membuka bisnis. Jadi, jangan abaikan jalan rejeki dari bisnis hanya karena Anda merasa tak punya modal. Justru inilah awal dari kebingungan Anda yang berkepanjangan.



Lalu, saat tak punya modal namun ingin membuka bisnis, bagaimana jalan keluarnya? Berikut ini beberapa jalan keluar yang bisa Anda pilih untuk menghadapi tantangan tersebut. Ya, anggap saja kondisi Anda yang tak punya modal adalah tantangan yang harus dihadapi dan dikalahkan. Bukannya sebuah alasan untuk tak memulai bisnis.

1.    Memilih Bisnis Tanpa Modal

Di jaman sekarang, bukanlah hal mustahil untuk memulai bisnis tanpa modal. Bidang bisnis yang menawarkan bisnis tanpa modal adalah menjadi reseller produk online. Kini ada banyak pihak yang menawarkan peluang bisnis menjadi reseller produknya. Dengan model bisnis dropship, yaitu sistem bisnis online dimana reseller hanya perlu mendapatkan konsumen kemudian melakukan transaksi pembayaran lebih dulu, setelah itu barang akan langsung dikirim oleh pihak 1 atau produsen kepada konsumen Anda. 

Selain ikut berbisnis bersama suatu pihak untuk menjadi resellernya, Anda juga bisa membuka toko online sendiri kemudian menerapkan sistem PO atau Pre-Order. Bisa juga dengan tetap menerapkan model bisnis dropship, jadi Anda tak perlu memiliki stok barang. Bisnis tanpa modal bisa menjadi salah satu jalan keluar apalagi melihat banyaknya peluang bisnis tanpa modal ini. Tak ada yang mengharuskan bahwa sebuah bisnis itu besar. Bisnis kecil pun tetaplah bisnis dan bisa menjadi sumber penghasilan. 

Selain itu, saat Anda sudah memulai bisnis sekalipun kecil, Anda sangat memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

2.    Bekerjasama dengan Teman atau Rekan lainnya

Nah, jika Anda punya teman senasib sepenanggungan yang tak juga mendapatkan pekerjaan, maka Anda bisa mengajaknya. Anda bisa mulai dengan memberikan motivasi untuk berbisnis, kemudian mengajaknya bekerjasama membuka bisnis dengan modal bersama. Soal bisnis apa yang akan dijalankan, Anda dan teman bisa menegosiasikannya bersama. Bukan hanya bekerjasama dengan satu orang saja, mungkin agar modal semakin banyak, 

Anda bisa mengajak beberapa teman. Namun, tentunya jangan sampai kebanyakan juga agar nantinya pembagian keuntungan dan hal-hal lainnya tidak rumit. Selain mengajak teman, Anda juga bisa mencari rekan lainnya, bisa merupakan individu, atau bisa juga sesama pebisnis atau pengusaha. Nah, untuk yang kedua, tentunya Anda memerlukan proposal. Anda bisa mempelajari bagaimana membuat proposal pengajuan kerjasama yang menarik.

3.    Melakukan Pinjaman

Jika Anda tak tertarik dengan bisnis online dan kurang suka melakukan bisnis dengan modal bersama karena enggan pusing urusan pembagiannya, maka masih ada jalan lain. Anda bisa melakukan peminjaman untuk modal. Ada berbagai tempat yang menawarkan pinjaman. Apalagi pinjaman yang akan digunakan untuk membuka usaha. Tentunya akan lebih dimudahkan karena pinjaman dilakukan untuk sesuatu yang produktif. Jika Anda bingung ingin melakukan pinjaman dimana, maka Anda bisa melakukan kredit uang online. Anda bisa memanfaatkan situs yang tersedia dalam link tersebut untuk membandingkan sumber pinjaman sebelum memutuskan akan melakukan peminjaman kemana.

Selalu ada tantangan dalam setiap hal. Namun tantangan tersebut harus selalu dihadapi. Nah, melakukan pinjaman juga ada tantangannya yaitu soal syarat-syarat yang ada. Kadang ada yang mensyaratkan tentang calon peminjamnya yang memiliki penghasilan tetap, dan sebagainya. Jika demikian, maka Anda akan bingung karena belum memiliki pekerjaan tetap. Tenang saja, karena selalu ada jalan. 

Anda bisa mencari tempat pinjam online tanpa syarat. Bagaimana caranya mendaapatkan tempat yang meminjamkan uang atau modal tanpa syarat? Anda bisa menengoknya di situs Monily.id. Dengan jalan keluar ketiga ini, Anda bisa mendapatkan modal untuk membuka usaha sesuai dengan yang Anda inginkan. Modal kini bukanlah masalah. Kelebihan memilih jalan ketiga ini adalah bahwa modal yang Anda dapatkan bisa lebih besar dan atas nama Anda sendiri.


Bagaimana? Masih bingung urusan modal? Tentu tidak kan? Jangan semakin memperbanyak waktu Anda yang terbuang untuk kesana-kemari mencari lowongan pekerjaan. Anda bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Bisnis bisa menjadi sumber utama penghasilan Anda. Atau bisa juga menjadi pilihan sambil menunggu pekerjaan tetap bisa Anda dapatkan. 

Selamat berjuang!

Tidak ada komentar:
Write komentar