IBX58F8B9DC28E0A

Rabu, 26 September 2018

Perbandingan Spesifikasi dan Performa Samsung Galaxy A8 VS OPPO F9

 

Gaes, buat kamu-kamu yang ngikutin perkembangan gadget, pasti sudah pada tahu dong kalau perebutan posisi primadona di kelas mid range bakal makin sengit, bahkan lebih sengit loh daripada di kelas flagship.

Para brand papan atas saat ini saling berlomba meluncurkan smartphone yang tangguh dan kekinian, namun dijual dengan harga yang relatif terjangkau, gaes. Sebut aja Samsung Galaxy A8, Xiaomi Pocophone F1 dan yang baru saja dirilis OPPO F9. Semuanya bermain di range harga Rp.5 jutaan. Nah dengan harga yang tidak jauh berbeda, smartphone mana sih yang lebih unggul dalam hal performa dan spesifikasi?


Nah, kali ini saya mau coba membandingkan Samsung Galaxy A8 dengan smartphone yang paling baru dirilis nih; OPPO F9. Langsung aja yah, pertama-tama kita ke sisi penampilan dulu, tampilan yang disuguhkan samsung Galaxy A8 2018 memang cukup mewah, dengan balutan material metal allumunium. Samsung Galaxy A6 punya layar seluas 5.6 inchi tapi sayangnya masih menyisakan notch atau poni yang cukup mengganggu.



Untuk penampilan F9 terlihat lebih keren karena bezelnya yang tipis dan nyaris tanpa notch. Notch yang ada hanya menyita sedikit saja dari layarnya. Notch yang ada diperuntukan untuk kamera depan dan sensornya. Kalau dilihat-lihat bentuk notchnya ini kayak tetesan air, gaes, maka dari itu OPPO menyebutnya dengan Waterdrop Screen Design. Oh yah, untuk luas layarnya 6.3 inchi dengan dilapisi Corning Gorilla Glass 6 terbaru. Rasio layar ke bodynya sudah 19,5:9. Cukup nyaman banget buat dipakai nonton video, apalagi nge game nih.

Performa Mana Yang Lebih Unggul?
Lanjut sisi perfomanya yah, OPPO F9 6GB sudah dibekali dengan OS Android v8.1 Oreo, dan performanya makin optimal dengan RAM 4GB dan 6GB untuk OPPO F9 Pro nya. Untuk memori internalnya juga sudah cukup lega, gaes; yaitu 64 GB untuk OPP F9 Pro. So, dengan media penyimpananya seluas ini, kamu bisa puas menyimpan banyak foto dan dokumen lainnya.



Nah, sayangnya, Samsung Galaxy A8 tidak memiliki luas penyimpanan yang sama besar dengan OPPO F9. Walau sama-sama dibekali dengan OS Android v8.1 Oreo, Samsung Galaxy A8 disokong oleh RAM 4 GB dan memori internal 32 GB sebagai ruang penyimpanan data.

Masih nyambung nih dengan performa, yaitu sektor baterai. Well, bisa saya bilang OPPO F9 kembali lebih unggul, dengan baterai berkapasitas 3500 mAh yang telah disuport oleh VOOC Flash Charge. Buat kamu yang belum tahu, VOOC Flash Charge itu adalah inovasi teknologi terbaru dari OPPO Mobile, dimana berkat teknologi ini, OPPO F9 cukup di charge 5 menit saja, bisa dipakai telepon selama 2 jam! Wew, cepat banget ini sih.



Nah, untuk Samsung Galaxy A8 hanya dibekali baterai berkapasitas 3000 mAh, walau telah didukung Fast Charging, namun kecepatannya masih di bawah VOOC Flash Charge.



Kamera Bagus Mana?
Sekarang pindah kebagian optik yuk, kedua smartphone ini sama–sama dibekali dengan kamerayang ciamik. OPPO F9 Pro punya kamera ganda beresolusi 16MP + 2MP, ada phase detection autofocus, LED flash serta sudah dilengkapi dengan AI terbaru. Untuk kamera selfienya sudah beresolusi 25MP, dan tentunya AI, untuk menyempurnakan hasil selfie.

Bagaimana dengan Samsung Galaxy A8? Galaxy A8 mengandalkan single kamera di bagian belakangnya, dengan resolusi 16MP, punya phase detection autofocus dan  LED flash. Nah untuk kamera depannya Galaxy A8 menawarkan dual kamera  beresolusi 16MP + 8MP.



Kalau menurut saya, teramat sayang Samsung Galaxy A8 memberikan kamera ganda untuk kamera selfienya, karena pada umumnya orang akan menggunakan kamera belakang untuk mendapatkan hasil foto dengan efek bokeh. Dan karena dibekali teknologi AI terbaru, hasil jepretan foto yang diasilkan OPPO F9 lebih bening dan cerah.

So, finally mana sih yang lebih unggul? Menurut saya sih, dengan harga yang ngga berbeda jauh, OPPO F9 atau OPPO F9 Pro lebih unggul dari sisi spesifikasi dan performa. Selain itu, VOOC Flash Charge makin menambah sisi worth to buy smartphone yang satu ini. (adv)

Posting Komentar