IBX58F8B9DC28E0A

Minggu, 19 Agustus 2018

Kenali 5 Nutrisi Penting Untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

 



LIVINGCIKARANG.com, Anak adalah anugerah dan titipan pencipta yang harus dijaga dengan baik. Saya yakin, hampir semua orang tua menginginkan yang terbaik. 

Dan salah satu hal perlu diperhatikan dalam mengawal masa emas pertumbuhan si kecil tak bisa adalah memastikan terpenhinya asupan nutrisi untuk otak. Terpenuhinya asupan nutrisi akan mendorong si kecil tumbuh menjadi generasi maju seperti dijabarkan dalam sejumlah artikel yang bisa diakses di situs generasimaju.co.id

Berdasarkan berbagai literatur, para ahli sepakat bahwa memberikan makanan bergizi akan membantu meningkatkan pertumbuhan otak si kecil. Karena itu sangat penting bagi orang tua mengetahui sejumlah zat vitamin dan mineral penting yang harus didapatkan si kecil. 

Beberapa di antara makanan yang dianjurkan adalah telur, ikan, daging sapi bebas lemak, kacang hijau, oat, dan sayuran berwarna. Bahan makanan ini sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Telur adalah salah satu makanan yang kaya akan protein. Kandungan kolin di dalam kuning telur mengandung berkhasiat membantu perkembangan otak. Selain telur makanan lain yang bagus kandungan proteinnya adalah ikan terutama Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 . Asam lemak dalam Salmon  penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak.

Daging sapi juga bagus karena mengandung zat besi bebas lemak bisa membantu Si Kecil untuk tumbuh dan berkreativitas. Daging sapi seberat  100 gram setiap hari turut membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan lain.

Selain daging juga ada oat, sayuran berwarna, selai kacang, dan sayuran merah yang bagus untuk pertumbuhan otak. Selain sumber makanan tersebut, berikut beberapa zat gizi yang berfungsi spesifik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

1. Karbohidrat
Karbohidrat merupakab sumber energi yang diperlukan untuk proses metabolism otak  Juga berguna untuk pembentukan saraf otak. Beberapa sumber makanan yang bagus dan mengandung karbohidrat adalah beras, terigu, jagung, kentang, ubi, dan oat.

2. Protein
Protein adalah zat makanan yang disusun oleh asam amino. Beberapa jenis protein yang dibutuhkan otak yaitu tirosin dan triptotan yang berfungsi sebagai pembentuk neurotransmitter  Protein bisa diperoleh dari telur, kacang-kacangan dan susu yang telah difortifikasi. Juga ada kolin yang berfungsi untuk membantu kerja normal otak.

3. Lemak
Sebenarnya ada banyak jenis lemak yang terdaoat dalam makanan. Namun lemak yang baik nutrisi otak adalah asam lemak omega 3 (asam linoleat, EPA dan DHA) dan asam lemak omega 6 (asam linoleat dan AA). 

Kedua asam ini merupakan zat esensial merupakan zat yang dibutuhkan dalam pembentukan membran sel saraf otak. Lemak bisa didapat dari lemak ikan laut, lemak biji-bijian seperti kacang tanah, kenari, kedelai, wijen dan biji bunga matahari.

4. Vitamin
Ada banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh. Berikut beberapa vitamin yang bekerja membantu otak yaitu:

Vitamin B1 sangat berguna untuk membantu pertumbuhan organ dan sistem syaraf pusat terutama pada bayi. Vitamin B1 terdapat pada roti, sereal, wheat dan pasta.

Vitamin B5 berguna untuk membantu mengantar rangsangan syaraf yang dapat diperoleh dari daging, unggas, ikan, sereal, susu, telur, dan biji-bijian.

Vitamin B6 merupakan vitamin yang berguna untuk  membantu perkembangan otak dan kerja 6sistem saraf. Vitamin ini bisa diperoleh dari daging ayam, hati, pisang, semangka, kacang panjang.
Vitamin B12 berguna membantu pengembangan sistem saraf. Sumbernya bisa berasal dari daging merah, ayam, ikan, kerang telur, dan makanan yang mengandung susu.

Vitamin lain yang sangat penting untuk nutrisi otak adalah asam folat yang berguna membantu pembuatan zat-zat di dalam otak yang penting untuk menyimpan data dalam daya ingat. Asam folat bisa didapat dari bayam, brokoli, pok coy, asparagus, kol, daging, gandum, telur, susu dan keju.

5. Mineral
Kalsium yang berguna untuk perkembangan tulang, fungsi otak dan jantung. Bisa ditemukan pada bayam, brokoli, kacang-kacangan, kentang manis, dan produk susu.

Fe: berfungsi mencegah gangguan kecerdasan. Bisa didapat dari daging hati, jantung sapi, daging ayam, ikan, kuning telur, kacang-kacangan sereal dll

 Zinc berguna  untuk pertumbuhan dan perkembangan, fungsi sensori dan stabilisasi membran otak. Bisa diperoleh dari buncis, daging, kacang, padi-padian, tiram dan produk susu.

Iodium yang berperan dalam perkembangan mental serta kecerdasan. Diperoleh dari sayuran, daging dan ikan.

Nah itu dia sejumlah zat yang perlu dipastikan sudah didapatkan si kecil agar tumbuh kembang mereka maksimal. Nutrisi yang tepat akan membantu si kecil tumbuh menjadi generasi maju. :-)

Posting Komentar