IBX58F8B9DC28E0A

Sabtu, 14 Juli 2018

Mengambil KPR Rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

 




Livingcikarang.com -- Dalam beberapa tahun terakhir keinginan memiliki rumah semakin sulit dijangkau oleh kalangan pekerja. Saat gaji naik sedikit di atas pertumbuhan ekonomi, harga rumah malah naik dua digit setiap tahunnya. Belum lagi kebijakan harus adanya uang muka dalam jumlah cukup besar berdasarkan kebijakan masing-masing bank.

Untuk mengatasi permasalahan agar pekerja mampu mengambil rumah dengan cara kredit pemilikan rumah (KPR), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan telah menyiapkan sejumlah fasilitas bagi pekerja.

Fasilitas ini meliputi pembiayaan perumahan pekerja (FPPP) atau bisa juga disebut KPR BPJS Ketenagakerjaan, kredit konstruksi (KK), Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP). Fasilitas ini dapat digunakan oleh pekerja untuk memperoleh KPR Subsidi ataupun KPR Nonsubsidi.



Saat ini dua Bank yang aktif bekerjsama menyalurkan fasilitas KPR BPJS Ketenagakerjaan ini yakni Bank Negara Indonesia (BNI) serta Bank Tabungan Negara (BTN). Peserta yang sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan lebih dari satu tahun dapat datang ke kedua bank tersebut untuk mendaftarkan diri mendapatkan fasilitas KPR BPJS Ketenagakerjaan.

Para pekerja pada dasarnya bebas memilih rumah yang diinginkan. Jadi dapat memilih rumah dengan lokasi yang terdekat dengan tempat kerja ataupun di tempat lain sesuai kebutuhan. Proses administrasi KPR maupun bantuan uang muka untuk subsidi KPR dari BPJS Ketenagakerjaan akan harus diurus lewat salah satu dari kedua bank yang bekerjasama.

Selanjutnya bank akan mengurus ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan tempat kita terdaftar. Mengingat prosesnya oleh administrastor bank, maka mencari bank yang cabangnya terdekat dengan kantor BPJS Ketenagakerjaan tempat kita terdaftar dan dekat lokasi dengan rumah yang akan diambil atau direnovasi akan memudahkan semua pihak.

Semakin memudahkan administrasi jika bank yang dipilih bekerjasama dengan develover perumahan yang dipilih. Jadi waktu survey rumah yang akan dibeli, dapat ditanyakan developer bekerjasama dengan Bank BTN dan BNI cabang yang mana.

Jika pihak bank mempersulit dengan mengarahkan ke produk lain, maka hal ini dapat dilaporkan ke hotline BPJS Ketenagakerjaan ataupun jaringan komunikasi lainnya dengan BPJS. Sehingga proses KPR kita dapat diproses dengan fasilitas yang meringankan dan bunga yang murah dari BPJS Ketenagakerjaan.

Tidak ada komentar:
Write komentar