IBX58F8B9DC28E0A

Senin, 23 Juli 2018

Cara Tepat Mencuci dengan Mesin Cuci

 

Harga Mesin Cuci


Livingcikarang.com, Harga mesin cuci selama ini diidentikan dengan kualitas hasil cucian. Semakin mahal harga mesin dianggap akan menghasilkan kualitas cucian lebih baik.

Tentu anggapan ini tidak sepenuhnya salah, karena untuk kualitas yang baik harus ada harga yang dibayar. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil cucian yang lebih baik dibutuhkan pemahaman tentang teknik mencuci yang lebih baik. Dengan pengetahuan mencuci yang baik, tidak akan terlalu jauh perbedaan hasil mencuci dengan masin cuci dua tabung ataupun satu tabung.

Mesin Cuci Dua Tabung, merupakan jenis mesin cuci semi otomatis. Disebut semi otomatis dikarenakan mesin cuci jenis ini memiliki fungsi masing-masing untuk setiap tabung. Mesin cuci ini memiliki bukaan pada sisi atas. Setelah mesin memutar baju kotor, maka baju yang telah bersih dikeringkan dengan tabung kedua.

Sedangkan mesin cuci satu tabung relatif lebih modern karena dapat dioperasikan secara otomatis. Setelah pakaian kotor dimasukan maka mesin akan memproses hingga fase pengeringan. 

Di atas itu semua, untuk memperoleh hasil mencuci yang maksimal harus memperhatikan beberapa tahap: 

1. Periksa label pakaian
Tidak banyak pengguna mesin cuci memperhatikan petunjuk pada label pakaian ini. Seharusnya dalam mencuci dengan hasil kebersihan maksimal maka dilakukan pencucian berdasarkan jenis kain yang tercantum pada label. Biasanya label petunjuk mencuci ini berada di kerah bajuataupun pada sisi samping dalam pakaian.

2. Pastikan memberikan air yang cukup
Tiap-tiap mesin cuci memiliki kapasitas maksimal termasuk jumlah pemberian air yang mencukupi. Dengan memperhatikan ketentuan penggunaan air ini selain mendapatkan hasil cucian yang lebih baik juga turut mendukung kelestasian lingkungan dengan tidak menggunakan air secara berlebihan.

3. Gunakan detergen yang tepat
Saat ini telah tersedia detergen yang ditujukan khusus untuk mesin cuci. Penggunaan detergen khusus ini akan mengurangi efek tidak terurainya detergen pada proses pencucian. Dengan detergen konvensional yang ditujukan pada proses mencuci dengan cara mengucek, jika digunakan pada mesin cuci seringkali menimbulkan reaksi menggumpal dan menimbulkan noda. Deterjen yang tidak larut sepenuhnya justru menempel pada kain. Akhirnya tujuan mencuci agar kain bersih malah menimbulkan bercak-bercak putih.

4. Sesuaikan jenis kain dengan kecepatan putar mesin
Setiap pakaian atau kain memiliki karakteristik khusus, untuk itu selain memisahkan ketika mencucui berdasarkan jenis, juga harus dilakukan penyesuaian berdasarkan kecepatan putar dalam proses mencuci. Kecepatan putar yang sesuai akan membuat pakaian menjadi lebih awet. 


Mencuci pakaian dengan benar menggunakan mesin cuci merupakan pengetahuan yang perlu dimiliki. selain menjaga kualitas pakaian agar tidak cepat rusak juga membuat pakaian bersih lebih maksimal. x

Posting Komentar