IBX58F8B9DC28E0A

Senin, 25 Juni 2018

Negara yang Ikut Piala Dunia 2018, Siapa Tersingkir?

 

Image : FIFA Instagram

LIVINGCIKARANG.com -- Hadirnya 32 negara yang ikut piala dunia 2018 membuat pergelaran event bola dunia lima tahunan itu punya magnet berbeda. Tak hanya bagi pecinta bola, event ini juga sering dinanti dan dimeriahkan oleh segenap lapisan masyarakat.
Ketika piala dunia tiba, banyak yang berloma mengadakan nonton bareng. Mulai dari kafe, restoran, asosiasi, hingga warga komplek. Biasanya tak hanya kaum lelaki yang menonton tetapi juga kaum ibu. Anak-anak pun bahkan tak mau ketinggalan.
Setiap pelaksanaan piala dunia, banyak negara yang terlibat. Mulai dari pertandingan prakualifikasi hingga akhirnya terpilih 32 negara yang ikut dalam putaran final. Dan tahun ini event lima tahunan ini digelar di Rusia.
Pelaksanaan piala dunia 2018 di Rusia memang agak panas di awal. Beberapa negera Eropa mulanya sempat memboikot untuk tidak mengikuti pesta bola ini. Hal itu dilator belakangi oleh perbendaan sikap politik antara Rusia dan negara-negara Eropa. Namun pada akhirnya negara raksasa bola Eropa tetap saja mengirimkan wakilnya, namun dengan kekuatan seadanya. Dengan tim lapis dua.
Mengirim tim lapis dua tentu saja membuat rugi para negara besar. Akhirnya mereka tersingkir di awal. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat dan kemeriahan piala dunia. Dan bagi Indonesia, piala dunia masih menyimpan harapan agar suatu waktu tim garuda bisa berlaga di sana.
Piala dunia 2018 memang beda. Ada beberapa negara yang sebelumnya tidak diprediksi justru melesat. Berikut daftar lengkap negara peserta piala dunia Rusia 2018.
Grup A
Rusia
Mesir
Arab Saudi
Uruguay

Grup B
Portugal
Spanyol
Maroko
Iran

Grup C
Prancis
Australia
Peru Denmark

Grup D
Argentina
Islandia
Kroasia
Nigeria

Grup E
Brazil
Swiss
Kostarika
Serbia

Grup F
Jerman
Meksiko
Korea Selatan
Swedia

Grup G
Belgia
Panama
Tunisia
Inggris

Grup H
 Polandia
Senegal
Kolombia
Jepang

Masuknya nama-nama besar dalam jajaran peserta piala dunia 2018 ternyata tak menjadi jaminan untuk terus melenggang ke babak final. Nyatanya, beberapa negara besar harus angkat kper lebih cepat dari perkiraan. Bahkan negara yang diprediksi bakal jadi juara seperti Jerman justru harus segera mundur.
Babak 16 besar memunculkan sejumlah big match. Ada Uruguay yang berhadapa dengan Portugal. Juga ada Rusia melawan Spanyol dan Prancis melawan Argentina. Tapi begitulah si kulit bundar bekerja, Bahkan ketika pertandingan belum dimulai penentuan posisi grup menjadi sangat menentukan.
Maka tak heran hari saat pencabutan undian dan penentuan grup adalah hari yang dinanti oleh banyak negara.

Berikut adalah tim-tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018:

Grup A
Juara: Uruguay
Runner-up: Rusia

Grup B
Juara: Spanyol
Runner-up: Portugal

Grup C
Juara: Prancis
Runner-up: Denmark

Grup D
Juara: Kroasia
Runner-up: Argentina

Grup E
Juara: Brasil
Runner-up: Swiss

Grup F
Juara: Swedia
Runner-up: Meksiko

Grup G
Juara: Belgia
Runner-up Inggris

Grup H
Juara: Kolombia
Runner-up: Jepang

Dari daftar 16 besar ini selanjutnya akan digelar pertandingan perebutan untuk posisi 8 besar. Dan hasilnya beberapa negara besar harus bersaing memperebutkan posisi.
Berikut daftar pertandingan dua kesebelasan untuk merebut posisi 8 besar.
Uruguay  vs Portugal : 2 vs 1 : Uruguay
Rusia vs Spanyol : 1 vs 1 : Penalti ( 3 vs 4) : Rusia
Prancis vs Argentina : 4 vs 3 : Perancis
Denmark vs Kroasia :  1 : 1 : penalty (2 vs 3) : Kroasia
Brasil vs Meksiko
Swiss vs Swedia
Belgia vs Jepang
Inggris vs Kolombia
Itu dia klasemen sementara piala dunia 2018. Selalu ada kejutan dan di situlah serunya menyaksikan laga sepak bola lima tahunan piala dunia.
Selanjutnya menanti pertandingan-pertandingan besar selanjutnya. Siapa yang akan tersingkir?