IBX58F8B9DC28E0A

Rabu, 27 Juni 2018

Mulai 1 Juli, Bandara Kertajati Resmi Beroperasi

 



Kabar baik kembali datang untuk masyarakat yang ingin bepergian menggunakan pesawat udara. Terutama untuk masyarakat Bekasi. Sejak 1 Juli pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan telah menetapkan bahwa Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati resmi melayani penerbangan reguler.

Secara jarak, Bandara Kertajati yang terletak di Majalengka ini terbilang dekat dari Bekasi apalagi Cikarang. Karena itu alternatif terbang melalui Kertajati merupakan pilihan yang dapat dipilih dibanding jauh ke Tangerang.

Untuk tahap awal penerbangan reguler dari Bandara Kertajati baru melayani rute tertentu. Di antaranya Kertajati-Surabaya dan Surabaya-Kertajati. Penerbangan reguler ini diharapkan segera disusul dengan rute baru.

Rencanya dalam waktu dekat pemerintah akan membuka rute baru yang potensial seperti beberapa penerbangan ke Jawa dan Sumatera.

Sebenarnya pada musim libur lebaran lalu Bandara Kertajati sudah dioperasikan. Bandara ini melayani penerbangan extra flight saat musim Mudik Lebaran Idul Fitri 8-24 Juni 2018. Rute yang dibuka, Kertajati-Surabaya dan sebaliknya.

Pada saat libur lebaran, antusias masyarakat menggunakan bandara ini cukup tinggi. Tercatat tingkat okupansi selama penerbangan esktra mencapai 90 persen.

Saat ini surat penetapan Bandara Kertajati untuk melayani penerbangan reguler sudah diteken Kementerian Perhubungan, Direktur Angkutan Udara dan Direktorat Jenderal Perhubungan. Tinggal menunggu operasional secara penuh.