IBX58F8B9DC28E0A

Rabu, 20 Desember 2017

Penghijauan Cianjur dan Aksi Hijau Astra untuk Negeri

 

Kepala Desa Cijedil Pudin, Ketua Green Initiative Foundation Tosca Santoso, Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman dan Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Ritno Kurniawan memulai acara Adopsi 1.000 Pohon di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat (19/12)/Foto : Astra.

Setahun berlalu setelah saya berkunjung dan menyaksikan penanaman pohon yang dilakukan perwakilan dari PT Astra Internasional Tbk, di Puncak Bukit Batu Kasur, Cianjur Jawa Barat. 


Meski sudah lewat, kenangan aksi penanaman pohon demi menghijaukan kembali kawasan pegunungan di daerah itu masih membekas. Dan kini, Astra kembali lagi ke sana untuk melanjutkan aksi penanaman pohon di sana.

Ya. Selasa, 19 Desember 2017 kemarin, perwakilan PT Astra International Tbk kembali menghijaukan Cianjur dengan penanaman 1.000 pohon baru. Kali ini penanaman dilakukan di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.



Jangkauan Program Astra dalam angka. Sumber : Astra Internasional


Sudah delapan tahun grup Astra melalui program Corporate Social Responsibility menghijaukan beberapa kawasan di Cianjur. Lokasi penanaman di antaranya di Desa Tunggilis, Desa Sarongge dan wilayah Batu Kasur. Hingga saat ini jumlah pohon yang sudah diadopsi oleh Astra di Kabupaten Cianjur menjadi sejumlah 6.700 pohon.

Berdasarkan rilis resmi yang saya terima, ramai yang mengikuti kegiatan penanaman pohon yang dilakukan Astra kali ini. Ada wartawan, dan blogger. Beberapa karyawan Grup Astra juga dilibatkan.
Kegiatan penanaman pohon juga dihadiri Kepala Desa Cijedil Pudin, Ketua sekaligus Founder Green Initiative Foundation Tosca Santoso serta penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia Awards (SATU Indonesia Awards) 2017 Ritno Kurniawan.

Keterlibatan Astra selama 8 tahun menghijaukan kawasan Cianjur mendapat sambutan hangat dari Kepala Desa Cijendil.

“Kami merespons positif kegiatan ini, karena selain baik untuk lingkungan, berbagai kegiatan yang dilakukan juga dapat membantu memberdayakan warga Cianjur, khususnya Desa Cijedil, untuk dapat semakin berkembang secara mandiri,” tutur Pak Pudin, Kepala Desa Cijedil.

Beragam jenis pohon yang ditanam di Desa Cijedil. Ada pohon manggis, nangka, jengkol serta alpukat. Tanaman yang dipilih adalah tanaman buah agar memberi manfaat lebih dan memiliki nilai keekonomian bagi warga.

Selain menanam pohon, Astra juga mendorong petani di Desa Cijedil untuk merawat minimal 60 pohon. Dengan jumlah ini setiap petani akan memiliki modal pemberdayaan minimal sebesar Rp2,52 juta per petani. Dana ini bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha rumah tangga.


Aksi Hijau untuk Negeri

Penanaman pohon di kawasan Cianjur sebenarnya bukanlah satu-satunya bentuk kepedulian Astra terhqdap lingkungan. Secara nasional, Astra mengembangkan program penghijauan di bawah payung program Aksi Hijau untuk Negeri.

Sejak tahun 2008 hingga saat ini, Astra telah menanam sebanyak 4.501.512 pohon di banyak wilayah di seluruh wilayah Indonesia termasuk di daerah Cianjur. Kegiatan tersebut menjadi bagian dari salah satu pilar kegiatan kontribusi sosial Astra melalui 4 bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Usaha Kecil & Menengah (UKM).

sumber : Laporan Berkelanjutan Astra Internasional 2016


Selain menanam pohon, Astra juga melaksanakan kegiatan lain di bidang lingkungan seperti menyelenggarakan kampanye gaya hidup ramah lingkungan melalui program Astra Green Lifestyle (AGL). Program AGL dilakukan setiap tahun sejak 2011 untuk memperingati Hari Bumi.

Pada 2017 ini, Astra Green Life menggelar Jambore Adiwiyata 2017 di Kampung Berseri Astra (KBA) Kemuning Yogyakarta dan Hutan Wanagama, Gunungkidul, DIY. Kegiatan diikuti 250 murid dan guru dari 70 Sekolah Adiwiyata SD, SMP dan SMA dari 10 provinsi.

Program lain adalah pengembangan ruang terbuka hijau (RTH). Program ini dilakukan bersama pemerintah daerah. Saat ini Astra sudah terlibat dalam pembangunan dan pengembangan 33 hutan dan 13 taman kota oleh Grup Astra di seluruh Indonesia.


Juga ada program pencegahan abrasi pantai dengan melakukan pembangunan tanggul dan penanaman 1.122.293 mangrove di seluruh Indonesia. Di Sentul, Astra membangun kawasan hutan terpadu seluas 200 hektare yang akan menjadi tempat pembelajaran tentang kehutanan, keanekaragaman hayati serta pendidikan lingkungan tentang hutan tropis Indonesia.

Berbagai program yang sedang dikembangkan merupakan wujud nyata kepedulian Astra untuk Indonesia. Menjaga lingkungan, mewariskan masa depan untuk generasi mendatang. ***