IBX58F8B9DC28E0A

Rabu, 20 Desember 2017

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Tinggal di Negeri Orang

 


Bepergian ke luar negeri merupakan impian semua orang. Namun, ada segelintir orang yang memiliki mimpi untuk bepergian ke luar negeri dalam jangka waktu yang lama alias tinggal di luar negeri. Ada banyak faktor yang menyebabkan mereka ingin tinggal di luar negeri, seperti tuntutan pekerjaan atau menyelesaikan pendidikan. 


Ada pula orang yang memutuskan untuk tinggal di luar negeri karena menginginkan kehidupan yang lebih baik dibandingkan kehidupan di negeri sendiri. Apapun motif yang mendasari keputusan tinggal di luar negeri, tinggal di luar negeri bukanlah perkara yang mudah. 


Orang-orang yang tinggal di luar negeri harus memiliki kemampuan bertahan hidup atau survival skill yang mumpuni. Apalagi jika tinggal di luar negeri seorang diri. Agar tinggal di luar negeri menjadi pengalaman yang menyenangkan, simak tips-tips yang sudah disiapkan di bawah ini.

 
·  Siapkan Uang

Hasrat besar untuk tinggal di luar negeri tidak membantu mewujudkan impian tinggal di luar negeri. Impian tinggal di luar negeri dapat terwujud dengan adanya uang. Uang tersebut dialokasikan untuk transportasi ke luar negeri, mengurus settlement awal di negeri orang, hingga kebutuhan hidup sehari-hari. Tidak perlu bingung jika ditugaskan tinggal di luar negeri dalam waktu cepat tetapi tidak memiliki uang. Ada banyak lembaga pinjaman uang online terpercaya dan cepat untuk orang-orang yang butuh uang mendesak.

 
· Tentukan Negara yang Ingin Ditinggali

Setelah mendapatkan uang untuk bekal tinggal di luar negeri, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menentukan yang ingin ditinggali. Ada banyak negara yang menawarkan pengalaman tinggal di luar negeri yang mengesankan. Setiap negara pasti memiliki ciri khas yang membedakannya dengan negara lain. Dalam memilih negara yang ingin ditinggali, pastikan dulu tujuan ingin tinggal di luar negeri.

Bagi orang yang tinggal di luar negeri untuk bekerja, pastikan negara yang ditinggali memiliki lapangan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dikuasai. Misalnya, orang-orang yang berkecimpung di bidang minyak dan gas atau bidang geologi dapat memilih negara-negara di sekitar Laut Utara seperti Inggris, Norwegia, Belanda, atau Denmark. Hal ini dikarenakan negara-negara di sekitar Laut Utama memiliki banyak kilang minyak di lepas pantai yang sesuai dengan bidang keilmuan mereka.

Begitu pula dengan orang yang tinggal di luar negeri untuk menuntut ilmu. Pastikan negara yang akan ditinggali memiliki universitas dengan jurusan yang diminati. Contohnya, orang-orang yang memiliki minat di bidang seni bisa tinggal di Prancis atau Italia karena dua negara tersebut telah melahirkan banyak seniman kelas dunia. Tidak heran di dua negara tersebut memiliki banyak universitas dengan jurusan seni yang unggul.

 
·   Kenali Kota yang Ditinggali

Jika sudah menentukan negara yang akan ditinggali, maka pilihlah satu kota yang akan menjadi tempat tinggal. Kota tersebut bisa berada di ibukota atau daerah pinggiran. Pastikan kota yang ditinggali adalah lokasi dari perusahaan atau universitas. Kemudian, cari tahu informasi terlengkap mengenai kota tersebut. Informasi penting yang harus diketahui meliputi kepadatan penduduk, keamanan, dan gaya hidup.

Kota dengan kepadatan yang besar memiliki masalah seperti suhu udara yang lebih panas, kemacetan, hingga sulitnya mencari tempat tinggal. Sehingga, persiapkan diri untuk bertahan hidup di tengah kota yang padat penduduknya.

Tingkat keamanan perlu dipertimbangkan dalam memilih kota tempat tinggal di luar negeri. Jika ingin tinggal di luar negeri dengan aman, hindari memilih kota yang besar atau kota yang menjadi destinasi wisata. Biasanya kota-kota tersebut rawan tindak kejahatan seperti pencurian atau pencopetan. Hindari pula kota-kota yang berada di perbatasan negara atau kota-kota yang sedang terlibat konflik.

Selain itu, gaya hidup dari penduduk lokal kota tersebut perlu diketahui untuk menghindari culture shock. Misalnya, orang-orang yang tinggal di Jepang dan Korea Selatan memiliki jiwa pekerja keras dan disiplin. Sedangkan, orang-orang di Spanyol memiliki kepribadian yang santai dan menyukai pesta. Sehingga, sebelum tinggal di kota tersebut, pastikan karakter diri sudah disesuaikan dengan karakter penduduk setempat.

 
· Kenali Iklim di Negara Tersebut

Hal pertama yang harus dilakukan setelah menentukan negara yang ingin ditinggali adalah mengetahui iklim di negara tersebut. Misalnya, orang-orang yang ingin tinggal di negara yang ada di benua Eropa harus mengetahui bahwa negara-negara di sana memiliki iklim subtropis. Sehingga, negara-negara di Eropa memiliki empat musim dalam setahun. Pemahaman tentang iklim di negara yang bersangkutan menjadi panduan untuk menentukan jenis pakaian apa yang akan dibawa serta perlengkapan lain untuk menghadapi setiap musim yang terjadi di sana.

 
·  Kenali Transportasi Umum yang Digunakan di Negara Tersebut

Hal lain yang wajib dipertimbangkan sebelum tinggal di luar negeri adalah memahami transportasi umum yang ada di negara tersebut. Transportasi  umum yang tersedia menjadi faktor yang menentukan kenyamanan selama tinggal di luar negeri, khususnya bagi orang-orang yang sering bepergian. Ketersediaan fasilitas umum bisa menjadi acuan dalam memilih tempat tinggal. Misalnya, orang-orang di negara yang bersangkutan lebih sering menggunakan bus dibandingkan kereta, maka pilihlah tempat tinggal yang memiliki akses cepat ke halte bus. Selain itu, transportasi umum yang tersedia bisa menjadi pertimbangan untuk memiliki kendaraan pribadi. Jika tinggal di negara maju seperti di Eropa, transportasi umum sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah. Sehingga, orang-orang yang tinggal di Eropa lebih sering menggunakan transportasi umum, dibandingkan kendaraan pribadi.

 
·   Pilih Tempat Tinggal yang Dekat dengan Kantor atau Kampus

Memilih tempat tinggal yang tepat merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum tinggal di luar negeri. Tempat tinggal memegang peranan penting dalam kenyamanan selama tinggal di luar negeri. Pilihlah tempat tinggal yang tepat karena tempat tersebut tidak hanya ditinggali selama beberapa hari, melainkan bertahun-tahun. Pastikan tempat tinggal yang dipilih memiliki jarak yang dekat dengan kantor atau kampus. Pastikan pula lingkungan tempat tinggal nyaman dan aman.

Tidak ada salahnya meminta bantuan dari teman-teman yang sudah tinggal di sana untuk menarikan tempat tinggal yang dekat dan nyaman. Misalnya, orang yang tinggal di luar negeri untuk keperluan belajar bisa meminta bantuan dari PPI (Perkumpulan Pelajar Indonesia) yang sudah ada di setiap negara. Namun, jika ingin lebih puas, tinggalkan di tempat tinggal sementara selama satu atau dua minggu sambil mencari tempat tinggal tetap yang strategis, nyaman, dan aman.

·             Pelajari Bahasa dan Kebudayaan Negara Setempat
Ada pepatah yang mengatakan “dimana bumi dipijak, di sana langit dijunjung”. Oleh karena itu, orang yang tinggal di luar negeri harus menguasai bahasa dan kebudayaan negara setempat. Hal ini dikarenakan mereka tinggal di sana dalam waktu yang lama serta menjadi bagian dari negara tersebut. Menguasai bahasa dan kebudayaan setempat menjadi cara untuk mendekatkan diri ke penduduk setempat. Penduduk setempat pasti menghargai pendatang yang bersedia belajar bahasa dan kebudayaan mereka.