IBX58F8B9DC28E0A

Kamis, 12 Oktober 2017

Sinar Mas, Eka Tjipta dan Sebuah Pembelajaran

 



Tidak mudah membangun perusahaan yang besar. Apalagi bertahan lebih dari 70 tahun. Resesi ekonomi yang datang dan berlalu, rezim politik yang berganti hingga penemuan baru yang mengancam keberlangsungan perusahan datang menguji terus berganti. Belum lagi direksi yang berubah dari waktu ke waktu. Setiap waktu menjadi tantangan bagi perusahaan untuk bertahan.


Dan hanya yang kuat yang bertahan. Hanya yang mampu berinovasi dan bersiap menghadapi perubahan yang muncul di permukaan. Ketaguhan ini seperti yang ditunjukkan oleh Sinar Mas, perusahaan konglomerasi nasional yang produknya tersebar di banyak bidang.

Siapa yang tak kenal Sinar Mas. Hampir semua lini kehidupan mereka hadir. Dari kebutuhan rumah tangga mereka punya. Ya kebutuhan dapur, kebutuhan sekolah, perbankan, perumahan, rumah sakit, telekomunikasi, multifinance, hingga perusahaan start up.

Karena di Sinar Mas, tantangan itu seperti pemacu. Bukannya tergilas perubahan tapi malah bergerak memimpin perubahan menuju babak baru setiap fase zaman. Adalah nilai-nilai yang ditanamkan oleh Eka Tjipta Widjaja, sang Founding Father, dalam membangun perusahaan sehingga menjadi semakin bersinar dan bermanfaat bagi orang banyak dalam 79 tahun terakhir.

Lihat saja, siapa yang tidak mengenal Sinar Mas Land. Jaminan mutu pengembangan kota mandiri yang terintegrasi. Ingat Bumi Serpong Damai (BSD)? Kota mandiri yang dilengkapi beragam fasilitas berstandar dunia mulai dari convention center, pemukiman modern yang dilengkapi prasarana sangat baik mulai dari rumah sakit, pusat perbelanjaan hingga sarana pendidikan.

Lalu apakah kenal dengan merek buku tulis Sinar Dunia yang sangat bersih itu? Atau tissu paseo?  Ya itu juga merupakan produk Sinar Mas.

Jika dirinci lebih jauh, saat ini secara garis besar Sinar Mas diwakili oleh enam pilar yang membuat perusahaan terus tumbuh dan menjadi pemimpin pasar yang kuat. Bisnis pilar ini diwakili oleh Pulp and Paper Products melalui Asia Pulp Paper, Agribusiness and Food yang diwakili oleh Golden Agri-Resources Ltd (GAR) yakni perusahaan pengelola perkebunan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia.

Pilar ketiga yakni Developer and Real Estate di bawah bendera Sinar Mas Land. Berikutnya layanan keuangan yang dipimpin oleh perusahaan induk Sinar Mas Multi Arthz Tbk., layanan yang diberikan mulai dari perbankan, asuransi, hingga pembiayaan.

Pilar selanjutnya yakni layanan teknologi dan telekomunikasi. Layan ini diwakili oleh PT Smartfren Telecom Tbk., ya temans. Sedangkan pilar bisnis lainnya yang tidak kalah penting adalah penyediaan  Energy and Infrastructure yang melayani penyediaan energi listrik, pertambangan batu bara, infrastruktur, bahan kimia, perdagangan ritel dan multimedia. Pilar ini digerakan oleh PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dan sejumlah perusahaan di bawah naungannya.

Di luar pilar utama Sinar Mas ini, perusahaan juga memiliki initiative projects seperti Yayasan Dharma Eka Tjipta Widjaja, rumah sakit Eka Hospital, pendidikan terpadu Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB), partispasi dalam mendirikan Prasetiya Mulia Business School, hingga yayasan Budha Tzu Chi.



Lalu apa saja yang ditanamkan oleh Sang Founding Father sehingga perusahaan yang didirikan menjadi kelas dunia? Berikut enam nilai yang ditanamkan di Sinar Mas.

1. Integritas
Sebagai petarung kehidupan, Sinar Mas berpegang pada selarasnya antara perilaku dan perkataan. Untuk membangun bisnis yang bertahan dan bermanfaat seperti hari ini kejujuran mharus menjadi pegangan.

2. Positive Attitude
Perusahaan percaya menghargai orang lain akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan saling mendukung untuk pengembangan diri dan sesama rekan kerja.

3. Commitment
Bekerja sepenuh hati, tidak setengah-setengah merupakan nilai yang mengantarkan Sinar Mas menjadi perusahaan yang disegani. Para pendiri juga selalu menekankan jika perusahaan sudah memutuskan untuk melakukan suatu proyek maka harus selalu dapat hasil yang terbaik.


5. Continuous Improvement
Meski telah menjadi perusahaan yang unggul, di dalam internal Sinar Mas sendiri terus dilakukan peningkatan kemampuan baik dari best practice di tempat lain ataupun inovasi dari lingkungan internal. Tujuan utamanya untuk mencapai hasil kerja terbaik dengan seefektif dan seefisien mungkin.

5. Innovative
Di sinar mas, menghasilkan terobosan baru untuk meningkatkan kineria perusahaan merupakan pegangan yang harus disadsri karyawan. Setiap orang dari semua jenjang level jabatan harus mencari tau cara kerja terbaik.


6. Loyal
Namun di atas itu semua, loyal kepada perusahaan merupakan suatu keharusan. Bangga dan menghayati sebagai  Kita adalah anggota keluarga besar Sinar Mas merupakan suatu keharusan.




Dan kini, 79 tahun sudah Sinar Mas berdiri. Kontribusinya untuk negeri sudah tak perlu diragukan lagi. Berbagai kegiatan sosial mereka lakukan melalui program Corporate Social Responsibility. Ada pembangunan sekolah, pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan dan perkebunan, bantuan kesehatan dan bantuan sosial.


Bila dirunut satu-satu tentu tak akan selesai. Tapi tenang, buat temans yang berada di Jakarta dan Tangerang punya kesempatan untuk mengenal lebih dekat dengan perusahaan raksasa ini. Selama 5 hari pada 11-15 Oktober 2017 Sinar Mas hadir dalam Trade Expo Indonesia 2017 yang digelar di Internasional Convention Exhibition BSD. Acara ini merupakan agenda tahunan yag diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan.

Selama Trade Expo SinarMas terbuka untuk setiap kunjungan dari masyarakat. Selain menampilkan beberapa produk unggulan, mereka juga siap memberi edukasi mengenai daya saing ekonomi.

Atau buat yang tidak berkesempatan hadir, tetap bisa menyaksikan keseruan Trade Expo melalui akun media sosial Sinar Mas.

FB Page = https://www.facebook.com/pg/SinarMasID 
Twitter = https://twitter.com/sinar_masid 
Instagram = https://www.instagram.com/sinar_masid

Tidak ada komentar:
Write komentar