IBX58F8B9DC28E0A

Minggu, 29 Oktober 2017

Menghapus Pesan WA Salah Kirim di Semua HP Penerima

 

Livingcikarang.com -- Tidak terasa ya temans saat ini WhatsApp  (WA) seolah menjadi media untuk komunikasi andalan. Mengalahkan obrolan suara dan pesan SMS. Padahal dua tahun lalu mengobrol atau SMS menjadi cara komunikasi utama. 

Keunggulan WA ini seiring semakin banyaknya fitur yang disediakan oleh perusahaan aplikasi yang awalnya ditujukan bagi pengguna iPhone itu. Dari semula hanya pesan teks yang dapat menunjukan pesannya telah dibaca dan diterima oleh lawan bicara atau belum, hingga layanan telp dan video telp.

Ditambah lagi layanan komunikasi dalam grup (WAG) lebih hidup dibanding grup medsos lainnya. Sehingga dengan satu aplikasi WA, komunikasi dengan berbagai pihak dapat dilakukan dengan cepat dan efektif.
Banyaknya teman obrolan atau WAG yang diikuti membuat kadangkala kita sebagai pengirim salah menempatkan pesan. Pesan pribadi, malah terkirim ke dalam grup. Atau pesan untuk anak malah terkirim ke rekan kerja. 

Celakanya, pesan ini dalam versi WA terdahulu tidak dapat dihapus dari handphone penerima. Akibatnya dapat menimbulkan salah paham atau membuat tidak nyaman.

Saya sendiri seringkali mengalami hal ini. Bahkan pernah sempat mengirim pesan yang agak personal yang seharusnya ditujukan untuk suami ke grup kantor. Alamak. Malunya minta ampun. 

Menyadari adanya kelemahan dalam aplikasinya ini, WA kemudian menambah fitur menghapus pesan yang telah terkirim ini. Tidak hanya di handphone kita sebagai pengirim, namun di semua handphone penerima pesan.

Misalnya dalam satu grup WA alumni ada 220 anggota, maka pesan dapat dihapus sekaligus di seluruh handphone anggota group. Ibarat menghilangkan jejak di WAG.

Baca : Cara Mengaktifkan Twitter Lite 



Kalau dipikir-pikir adanya fitur penghapus chat salah ini sangat membantu ya. Coba bayangkan kalau seandainya obrolan di grup whatsapp dilakukan dalam dunia nyata pada sebuah grup diskusi.

Ucapan yang sudah terlontar sulit dicabut. Apalagi kalau ruangan pertemuan juga dilengkapi dengan kamera CCTV. Apalagi sekarang beli kamera CCTV tak susah. Jadi harus membuat surat pernyataan maaf deh.

Hal yang lebih ribet lagi karena biasanya kamera CCTV yang dipasang tak hanya satu tapi banyak. Jadi buktinya pun berlipat. Karena sekarang CCTV mudah didapatkan di situs belanja online. Harga dan jenis CCTV yang tersedia pun bervariasi. 

Well, kembali ke ihwal penghapusan pesan yang salah pada WAG, tetap ada syarat dan ketentuannya.

Untuk dapat menghapus ini, hanya jika kesalahan pengiriman pesan disadari sebelum 7 menit. Setelah waktu itu maka pesan hanya dapat dihapus di handphone pengirimnya. 

Lalu Bagaimana Cara Menghapus pesan WA ini? 

1. Pilih pesan WA yang ingin dihapus
2. Blok pesan dengan melakukan proses  tekan dan tahan pesan tersebut
3. Tekan pilihan Delete atau ikon tong sampah
4. Pilih opsi Delete for Every One atau jika settingan dalam Bahasa Indonesia adalah Hapus Untuk Semua Orang.

Jika berhasil, pesan yang telah dihapus akan digantikan dengan tulisan You deleted this message pada ponsel pengguna, sementara pada ponsel lawan bicara akan tertera pesan This message was deleted.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:
Write komentar